Minggu, 09 Juni 2013

The Palace

Korea Selatan yang kita kenal belakangan ini adalah Korea Selatan yang menjunjung tinggi budaya. Mereka berhasil mengenalkan budaya leluhur mereka melalui cara yang pop dan gampang diingat dunia, khususnya kaum muda melalui drama dan K-pop music. Jadi kalau kamu sempat berkunjung ke Korea Selatan, kamu harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke istananya. 

Kalau ke istana jangan di halaman depannya aja,
foto ini saya dapat di halaman belakang istana.

Seoul yang merupakan ibukota Korea Selatan dan menjadi destinasi piknik no wahid
kalau mau piknik ke Korea Selatan punya banyak pilihan istana untuk didatangi; Gyeongbokgung Palace (istana utama Dinasti Joseon), Changdeokgung Palace (terdaftar dalam UNESCO World Heritage Site), Changgyeonggung Palace, Deoksugung Palace, dan Jongmyo Shrine. Semua istana ini dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah setempat.

Setelah prosesi pergantian penjaga istana

Selain bangunannya masih bagus banget, lingkungannya bersih, juga ada banyak cerita kalo kamu mau tahu lebih banyak. Paling enak sih pinjem rekaman untuk guiding kita di loket masuk. Tersedia beberapa pilihan bahasa, tapi sayangnya nggak ada pilihan bahasa Indonesia. 

Bertemu dengan anak sekolah yang antusias belajar budaya dengan berkunjung ke istana

Saya sih nggak pilih opsi rental rekaman untuk guiding atas nama ngirit. Padahal sebenernya seru juga, karena istana-istana ini super gedhe dengan banyak cerita. Tiap masuk ke suatu area pasti ada keterangan kalo kamu rental rekaman guiding kamu mesti pilih no berapa untuk tahu ceritanya. Tapi kami nggak buta-buta amat tentang cerita istana karena pada saat beli tiket masuk pasti diberi booklet dengan beberapa pilihan bahasa, dan sekali lagi nggak ada pilihan bahasa Indonesia. 

Salah satu ciri khas istana-istana di Korea Selatan,
atap kayu dengan detail yang memesona penuh warna,
dan terawat

Ketika berkunjung ke istana, sedikit banyak kamu belajar tentang sejarah Korea dan kehidupan masyarakat Korea di jaman dulu. Hal-hal yang terjadi di masa lalu yang menjadi alasan mengapa masa sekarang jadi seperti sekarang, kan?

Kalau masih penasaran dengan budaya Korea,
ada museum di area istana

Satu lagi, istana-istana di Korea ini bener-bener indah. Saya aja butuh setengah seharian untuk bener-bener menikmati tiap bagian istana sambil foto sana-sini. Kalo capek ada tempat duduk untuk leyeh-leyeh. Kalo laper, ya saya pilih melipir ke depan buat jajan di penjaja kaki lima yang rasa makanannya nggak kalah enak dengan yang di restoran.

Patung raja kesayangan masyarakat Korea,
raja ini yang mengenalkan masyarakat Korea baca, tulis, dan tulisan Hangul

Oia,, dalam pandangan pribadi saya, istana di Indonesia nggak kalah keren. Saya pernah mengunjungi Istana Kesultanan Jogja, Istana Raja di Solo, dan Istana Maimun di Medan. Hal yang kita belum punya, kesadaran untuk merawat peninggalan sejarah kita yang luar biasa. PR buat kita semua. Sebagai penikmat dan traveller,  kita bisa berkontribusi dengan berkunjung, ikut merawat, dan beri masukan. ;)

Ini adalah istana tempat lokasi syuting Da Jang Geum,
jadi ya masih ada replika mbak Jang Geum nongkrong di jendela ;P

All this photos is taken in Seoul, by me Dinilint

2 komentar:

  1. Itu bunga sakura nya bagus banget lagi bermekaran, btw bener kan yaa sakura ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yg pink kayaknya bukan sakura,,, karena sakura itu kal dideketin warna putih. tp tetep cakep bunga itu

      Hapus

Thank you for reading and leaving comment :)