Senin, 31 Desember 2018

Jogja & Daftar 5 Tempat Wisata Alam Istimewa

Bolak-balik ke Jogja, selalu aja ada hal baru yang seru untuk dieksplorasi. Mulai dari wisata budaya, wisata kuliner, wisata alam, bahkan wisata buatan. Tapi tetep tempat dengan panorama alam yang menghadirkan spot foto cantik masih jadi favorit.

Kali ini aku mau nulisin 5 tempat di Jogja yang istimewa. Tempat-tempat ini adalah wisata murah Jogja yang menjual pemandangan alam yang menakjubkan. Tapi, ada juga sentuhan tangan manusia yang membuat tempat wisata ini jadi spot cantik, terutama untuk foto-foto. 
Tempat wisata ini ada yang di sawah, di dekat taman nasional, bahkan di tepi langit.  Aku juga kasih petunjuk jalan ke tempat-tempat wisata ini dan harga tiket masuknya. Ini nih daftarnya:


1. JSPB Songgo Langit



Kebanyakan orang akan berpikir kalau area persawahan itu identik dengan lumpur, panas dan area yang membosankan untuk dikunjungi. Tapi semua pandangan itu pasti akan sirna ketika kamu ada di JSPB Songgo Langit.
Wisata baru di Jogja dengan nama Jelajah Sawah Pertanian Bowongan (JSPB) Songgo Langit Sukorame ini menawarkan hal berbeda. Dari sebutannya saja, mungkin kamu sudah bisa menebak.
Yap! Di sini tersedia jembatan panjang yang letaknya di tengah dan bisa dibilang mengitari area persawahan. Sudah terbayang gimana cantiknya kan?
Kurang lebih sepanjang 360 meter dan tinggi kurang lebih 2 meter, ada jembatan dari bambu petung di tengah persawahan tersebut.
Dengan rute melingkar, kamu pun bisa berkeliling menyusuri jembatan sambil menikmati keindahan sawah dan perbukitan di sekitarnya.
Kalau beruntung, kamu juga bisa menyaksikan jalak putih beterbangan mencari mangsa di tengah sawah yang sedang dibajak.
Untuk bisa sampai di wisata satu ini, kamu bisa mengambil rute dari Jogja menuju Jalan Imogiri Timur sampai di pertigaan Pasar Imogiri, Dari sini, beloklah ke kiri menuju makam para Raja Imogiri.
Sampai di pertigaan, ambil arah ke kanan menuju ke Mangunan. Selanjutnya lurus saja sampai ke Desa Sukorame. Tepat di tepi jalan, kamu pun akan melihat jembatan yang mengitari area persawahan.
Lokasi: Sukorame, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB
Tiket masuk: Dua ribu rupiah

2. Pintoe Langit Dahromo

Seperti namanya, Pintoe Langit Dahromo ini emang mirip negeri dongeng dengan pintu yang seolah menuju ke langit.
Kalau kamu berkunjung tepat ketika matahari mulai terbenam, kamu akan melihat langit berwarna keemasan yang sangat indah.
Kamu bisa juga foto-foto di dua spot foto favorit, yakni sebuah pintu hingga miniatur grand piano yang letaknya di ketinggian.
Untuk bisa sampai di lokasi wisata instagenik ini, rutenya terbilang mudah. Cukup arahkan kendaraanmu menuju Jalan Imogiri Timur kalau kamu berangkat dari Jogja
Setelah sampai di pasar, ambil jalan ke kiri hingga membawamu ke Kebun Buah Mangunan. Selanjutnya lurus saja menuju Hutan Pinus Asri.
Kurang dari 500 meter, kamu akan menemui Pintoe Langit Dahromo yang letaknya bersebelahan dengan Bukit Lintang Sewu.
Gampang kan? Yuk langsung liburan ke tempat wisata murah di Jogja ini.
Lokasi: Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja
Jam buka: Senin, Kamis dan Jumat (08.00-23.00 WIB); Selasa-Rabu (08.00-22.00 WIB); Sabtu-Minggu (07.00-00.00 WIB)
Tiket masuk: Lima ribu rupiah per orang; dua ribu rupiah (parkir kendaraan)

3. Puncak Becici


Foto dari sini

Wisata di Jogja satu ini juga memberi sensasi seperti berada di atas awan. Mau pagi atau malam cakep semua. Tapi kalo kamu datang saat malam menjelang, hamparan lampu-lampu kota yang menyala semakin menambah indahnya tempat ini.
Dari atas ketinggian, tepatnya di gardu pandang yang telah disediakan, kamu pun dapat menyaksikan pemandangan Kota Jogja hingga Gunung Merapi. Kamu juga bisa camping lho di sini. Cukup bayar lima ribu rupiah, tapi tenda sediain sendiri ya.
Kalo mau foto prewedding juga murah banget, cukup sediain budget tiga puluh ribu rupiah.
Dari Jogja, destinasi wisata ini jaraknya sekitar 22 kilometer dan dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam. Karena masih termasuk dalam kawasan Hutan Lindung RPH Mangunan, tempat ini terbilang mudah dicapai.
Kamu pun bisa memilih Jalan Imogiri Timur hingga menemukan petunjuk ke Kebun Buah Mangunan. Ikuti jalan tersebut hingga menemui pertigaan, lalu beloklah ke kiri menuju hutan pinus.
Selanjutnya, kamu akan menemui pertigaan pertama dan ambil arah ke kiri. Dari sini, petunjuk arah menuju Puncak Becici akan kamu temui.
Lokasi: Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-19.00 WIB
Tiket masuk: Dua ribu rupiah

4. Bukit Lintang Sewu

Nama tempat wisata Jogja ini mirip sama namaku, mestinya cantik dong kaya yang nulis. Wkwkwkwk.
Sejauh mata memandang, hamparan panorama alam dengan pohon pinus dan kayu putih akan kamu temui di sini. Tapi semua itu bisa kamu saksikan kalau datang di pagi hingga sore hari.
Berbeda ketika datang setelah matahari tenggelam, gemerlap lampu kota dan hiasan di tempat ini menjadi daya tariknya. Hunting foto? Tentu saja bisa dan pasti hasilnya super keren.
Tertarik untuk berkunjung? Tentu saja bisa dan kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam berkendara kalau berangkat dari Jogja
Dari sini, kamu pun perlu menuju ke Desa Muntuk yang ada di Kabupaten Bantul. Dari Jogja, arahkan kendaraanmu ke Jalan Imogiri Timur sampai menemui pasar.
Selanjutnya ambil arah ke kiri sampai tiba di Kebun buah Mangunan. Lalu lurus saja menuju Hutan Pinus Asri.
Karena letaknya bersebelahan dengan Pintoe Langit Dahromo, pastinya kamu nggak akan kesulitan untuk menemukan wisata cantik ini.
Lokasi: Karang Asem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 04.30-22.00 WIB
Tiket masuk: Dua ribu rupiah per orang ditambah parkir sebesar dua ribu rupiah (motor) dan tiga ribu rupiah (mobil)

5. Kalibiru

Wisata satu ini sudah populer di Jogja. Bukan hal yang mengherankan memang, mengingat tempat ini bukan hanya mengedepankan panorama alam saja.
Saat berada di sini, kamu pun bisa menemui spot foto berupa panggung yang berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Selain itu, masih ada beberapa lokasi selfie yang masih membutuhkan biaya tambahan, seperti:
  • Spot high rope game (HRG) (tiga puluh lima ribu)
  • Spot foto panggung (lima belas ribu rupiah)
  • Spot foto 1 (lima belas ribu rupiah)
  • Spot foto bundar/tampir (lima belas ribu rupiah)
  • Spot foto 2 (sepuluh ribu rupiah)
  • Spot foto 3 (sepuluh ribu rupiah)
Sangat terjangkau kan? Apalagi akses untuk menuju ke wisata satu ini juga nggak sulit. Dari pusat Kota Kulon Progo, tempat ini jaraknya adalah sekitar 11,8 kilometer saja

Rute yang bisa kamu pilih kalau dari Jogja adalah Sentolo-Pengasih-Alun Alun Wates-RSUD Wates-Beji-Sermo-Kalibiru.
Yuk liburan ke wisata alam Kalibiru Jogja ini. Siapa nih mau nemenin?
Lokasi: Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Jogja
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.30-17.00 WIB
Tiket masuk: Sepuluh ribu rupiah
Jogja istimewa kan? Pemandangan alamnya cakep, ada banyak spot seru untuk hunting foto, murah pula. Yuk ah jalan-jalan ke Jogja.

- Dinilint -

2 komentar:

  1. Jogja memang istimewa,wisata alam nya bagus-bagus,wisata kuliner nya juga banyak dan yg pasti harganya sangat terjangkau

    BalasHapus
  2. aku kalo ke Jogja kok cuman kota-kota aja, cafe lagi cafe lagi hahha

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)