Minggu, 02 Desember 2018

Rekomendasi Candi Instagramable Bagan

Setelah cerita tentang sunrise dan sunset di Bagan yang luar biasa indah, aku pengen cerita tentang candi-candi besar yang megah di Kota Kuno Bagan. Ini adalah cerita tentang sedikit dari banyak candi yang ada di Old Bagan. Kamu bisa contek juga untuk rekomendasi candi yang bisa dikunjungi ketika kamu travelling ke Bagan, Myanmar.


Kalo nggak salah candi ini bernama Shwegu Gyi Phaya


The Old Bagan ini emang bener-bener luas dan terdiri dari ratusan bahkan ribuan candi. Aku sendiri berasa masuk ke dunia lain ketika memasuki Old Bagan. Aku berasa masuk ke lorong waktu dan datang ke masa lalu.


Instagramable Bagan


Setiap sudut Old Bagan sangat fotogenik. Aku yang cuma punya kemampuan foto pas-pasan aja merasa punya banyak foto bagus ketika motret di Bagan. Hehehe.


Foto di salah satu secret temple di Bagan dengan latar belakang Candi lainnya saat sunrise

Foto di salah satu candi kecil yang ditemu secara random di Old Bagan

Bagan dan jalanan tanah serta pepohonan yang teduh

Megahnya Ananda Temple


Kalo kamu ada rencana untuk travelling dan jalan-jalan ke Bagan dan cuma punya waktu yang terbatas, ada baiknya kamu bikin daftar candi mana aja yang akan kamu datangi di Bagan. Aku kemarin baru bikin daftarnya ketika udah di Bagan sih. Aku sendiri tinggal 2 malam di Bagan dan sengaja memasukan Ananda Temple dalam list.
 
Ananda Temple

Ananda Temple

Ananda Temple

Ananda Temple

Ananda Temple

Ketika aku datang di Ananda Temple, candi ini super bersih. Warna putihnya terlihat mewah. Candi ini baru saja dibersihkan sedemikian rupa yang melibatkan pihak Myanmar dan India. Di sini aku betah lama-lama. Bagus banget.

Shwezigon, kompleks candi yang luas berwarna emas


Saking luasnya, untuk masuk ke Shwexzigon ada beberapa pintu masuk; timur, barat, utara, selatan. Kalo nggak salah sih. Lokasinya sendiri nggak tepat di Old Bagan, tapi di Nyang U. Nggak jauh banget sih jaraknya. Ini juga candinya luas banget dan terdiri dari beberapa bangunan.

Pintu masuk Shwezigon Temple

Shwezigon Temple

Shwezigon Temple

Shwezigon Temple

Shwezigon Temple ini juga menjadi tempat ibadah bagi kaum Budha. Ada banyak banget orang yang berkunjung untuk beribadah di sana. Selama di dalam kompleks super besar Shwezigon, aku wajib lepas alas kaki. Pas datang kebetulan pas siang, lumayan panas juga nih kaki. Hihihi.

Shwesandaw Temple yang cantik

Sebenernya nggak sengaja nyampe Shwesandaw. Kebetulan candi cantik ini kami lewati saat kami mau lihat sunset di bukit. Nggak nyesel dong, candinya cantik banget.

Shwesandaw Temple

Shwesandaw Temple

Batu-batu di Shwesandaw Temple, entah siapa yang nyusun

Patung Budha tidur terbesar kedua di Bagan, di depan Shwesandaw Temple

Patung Budha terbesar ke-2 di Bagan

Shwesandaw Temple sendiri nggak cuma satu candi. Di depan Shwesandaw ada bangunan kecil yang ternyata isinya patung Budha terbesar ke-2 di Bagan. Di dekat Shwesandaw juga ada taman cantik dengan latar belakang candi-candi Bagan.

Rekomendasi candi di Bagan


Selain Ananda Temple, Shwezigon, dan Shwesandaw masih banyak candi besar lain yang juga layak untuk didatangi. Thatbyinyu, Mingalar Zedi, Dhammayan Gyi, dan Sulamani punya arsitektur yang bagus banget. Aku nggak pasang fotonya ya, soalnya bingung milihnya, banyak banget. Hehe.

Rekomendasi candi wajib kunjung di Bagan:
 1. Shwesandaw
2. Thatbyinnyu
3. Ananda Temple
4. Shwegu Gyi Phaya
5. Mingalar Zedi
6. Dhammayan Gyi
7. Sulamani
8. Bu Paya
9. Gaw Daw Palin Paya

Di hari pertama di Bagan aku juga sempat main ke Bu Paya yang letaknya persis di pinggir sungai dan Gaw Daw Palin Paya yang megah.

Foto dari salah satu secret Temple di Bagan

Datang ke beberapa secret temple untuk melihat sunrise dan sunset juga sangat direkomendasikan. Biasanya ada orang lokal yang datang ke kamu dan menawarkan bantuan. Baca deh ceritaku naik ke secret temple saat lihat sunrise dan sunset di Bagan.

Travelling ke Bagan dan Myanmar nggak bakal rugi kok. Malah kamu bakalan balik dengan happy. Selamat travelling dan terima kasih sudah jalan-jalan di dinilint.com :)

- Dinilint -

Itinerary & budget Myanmar | Yangon | Mandalay | Bagan | Inle Lake

2 komentar:

  1. Wow emang keren-keren banget candinya untuk latar belakang foto. Mungkin karena keknuoannya, detailnya, atau emang cakep aja bangunan seperti ini diporet ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang keren.
      Kalo punya kesempatan, coba ke sana sendiri mbak. Ambience-nya seru.

      Hapus

Thank you for reading and leaving comment :)