Kamis, 06 Desember 2018

Rekomendasi Wisata Kuliner 1 Hari di Semarang

Kalau kamu traveling ke Semarang sebaiknya kamu siapin lidah dan perut. I tell you that di Semarang banyak makanan enak. Sebenernya waktu satu hari nggak cukup untuk nyobain semua kuliner di Semarang yang enak-enak ini. Tapi di artikel ini aku mau kasih rekomendasi wisata kuliner di Semarang kalo kamu cuma punya waktu untuk seharian, mulai dari sarapan, ceilan pagi, makan siang, cemilan sore, sampe makan malam.



Salah satu cara terbaik untuk datang ke Semarang tentu saja dengan naik kereta api.
Sekarang kan pesen tiket kereta api gampang banget. Tinggal klik klik di internet, viola, tiket kereta api udah di tangan. Kereta api Indonesia sekarang juga terjamin kebersihannya, jadwalnya selalu on time, dan harganya terjangkau. Cara yang gampang untuk menikmati wisata Indonesia, kan.

Kamu perlu tahu bahwa stasiun kereta api dan jalur kereta api pertama di Indonesia ada di Semarang. Jadi, kalau kamu naik kereta api, kamu bisa turun di salah satu stasiun kereta api bersejarah di Indonesia. Satu lagi, kamu akan disambut dengan lagu Gambang Semarang ketika turun dari kereta api. Semarangan banget.

Sarapan

Soto Semarang

Aku rekomendasiin kamu untuk makan soto di Semarang untuk menu sarapan. Hampir semua orang Semarang pilih menu soto untuk sarapan, jadi you do like local do. Semarang punya banyak pilihan soto enak. Yang aku rekomendasiin adalah Soto Bokoran di daerah Pecinan atau Soto Pak Man yang punya beberapa cabang, di Pamularsih atau di jl Ki Mangun Sarkoro.

Warung-warung soto ini udah buka dari jam 6 pagi. Jadi misal keretamu sampe Semarang sekitar jam 5 pagi, kamu bisa santai-santai dulu di Stasiun Tawang atau Stasiun Poncol sekitar setengah jam, terus lanjut makan soto deh.

Soto Semarang ini cenderung bening. Isiannya berupa nasi, soun, tauge, dan ayam yang disuir kecil-kecil. Kalo makan soto, biasanya ditemeni sama gorengan semacam tempe goreng atau perkedel. Ada juga aneka sate semacam sate ayam, sate telor, dan sate usus untuk nemenin makan soto. Oh, jangan lupa juga sama krupuk.

Cemilan pagi


leker

Kalo udah sarapan, saatnya untuk ngemil pagi. Nah, kalo kamu udah di Semarang, kamu harus makan yang namanya leker. Leker ini semacam kue crepes tapi dalam ukuran yang lebih kecil. Kalo leker biasa itu isiannya bisa berupa gula, coklat, keju, pisang, atau kombinasi semuanya. Penjual leker macam ini bisa ditemui di area Simpang Lima atau di dekat-dekat gerbang sekolah. Iya, emang leker ini jajanan anak sekolah yang digemari semua usia.

Kalo mau leker dengan variasi isian yang nggak biasa, bisa ke Leker Paimo yang udah sangat populer di Semarang. Lokasinya ada di depan gerbang SMA Loyola. Tapi, kalo beli yang di situ biasanya ngantri. Mendingan geser ke lokasi barunya yang jaraknya ya sekitar 500 meter dari lokasi aslinya.

Kenapa mesti Leker Paimo? Karena variasi isiannya macem-macem. Dari mulai yang klasik semacam karamel atau coklat, sampe yang isi keju mozarella dengan jagung manis, atau telor sosis ekstra pedas ada di Leker Paimo.

Makan siang


nasi bakar tungku

Perlu diketahui, udara di Semarang kalo siang-siang cenderung panas sampe panas banget. Aku saranin kalian makan siang sambil ngadem di cafe merangkap resto modern yang sekarang udah banyak betebaran di Semarang.

Kalo mau yang pilihan restonya banyak, kamu bisa datang ke area Singosari, kira-kira 15 menit dari pusat kota Simpang Lima. Di situ ada banyak restoran keluarga dengan interior menarik untuk foto-foto dan tempat yang nyaman untuk nongkrong lama-lama.

Pilihan menunya pun bervariasi. Ini nih daftarnya:
  • Pelangi yang terkenal dengan chiffon cake-nya dan makanan ala cafe. Jadi kalo makan di situ bisa sekalian beli oleh-oleh. 
  • Gula Jawa, banyak pilihan menu baik western maupun Indonesia. 
  • Warung Penang. Kalo yang ini cuma nawarin variasi menu Melayu dengan harga yang terjangkau. Kalo beruntung kamu bisa naik ke lantai 2, ada galeri bagus di situ. 
  • Lot 28 yang interiornya seru untuk foto-foto. Kalo di sini pesen pizzanya aja ya. 
  • Pullens, jual aneka menu Indonesia dengan nama yang menggelitik, macam ayam bakar duda keren, sego bebek tepung lambe ndower, dan nama-nama unik lainnya.

Cemilan sore


lumpia Semarang

Kalo udah agak sorean, kamu bisa lanjut wisata kuliner lagi. Siapin perut ya. Untuk cemilan sore baiknya makan lumpia. Iya dong, udah di Semarang harus makan makanan legendaris Semarang. Lumpia ini semacam spring roll berisi rebung. Nggak semua orang bisa masak rebung yang enak lho. Kulit lumpia dari Semarang juga beda. Kalo lumpia goreng jelas kulitnya crunchy, pas dimakan bisa bunyi kriuk-kriuk. Tapi kalo nggak mau kebanyakan minyak, pilih aja lumpia basah. Enak juga.

Sebenernya banyak yang jualan lumpia di Semarang, tapi aku kasih tahu yang legend aja ya.  Soalnya kalo salah pilih, lumpianya belum tentu enak.

Ini nih daftar lumpia enak di Semarang:


  • Lumpia Gang Lombok. Menurutku ini yang paling enak. Lokasinya di area pecinan, deket Klenteng tay Kak Sie. Tapi kalo udah sore begini pasti udah habis. 
  • Lumpia Mbak Lien. Lokasinya di Jalan Pemuda. Letak persisnya masuk ke dalam gang dikit ya. 
  • Lumpia Cik Meme. Cik Meme ini penerusnya yang bikin Lumpia Mataram. Kalo di Lumpia Cik Meme, pilihan isiannya lebih banyak dibanding di tempat Mbak Lien. Tapi sama-sama enak.

Makan malam


Warung Tahu Petis Mataram

Di jam makan malam, aku rekomendasiin untuk makan tahu petis. Yes, I know kalo tahu petis sebenernya bukan menu berat, tapi lebih ke arah camilan. Masalahnya, Tahu Petis Mataram baru buka sekitar jam setengah tujuh malam.

Lokasinya ada di Jalan Mataram, di kanan jalan. FYI, Jalan Mataram ini jalan searah. Nggak ada plang petunjuk bertuliskan “Tahu Petis Mataram”. Tapi kalo kamu lihat ada orang bergerombol di depan ruko kecil warna ijo butek, berarti mereka udah mulai ngantri untuk beli tahu petis Mataram.

Emang seenak itu. Iya sih. Antriannya worth it dengan rasa tahu petisnya. Selain tahu petis ada wedang kacang tanah dan wedang kacang ijo juga. Enak semua.

Kalo udah makan tahu petis dan wedang kacang tapi masih laper juga, kamu jalan terus menyusuri Jalan Mataram. Di deket kantor Radio Gajahmada, di kiri jalan, ada Pecel Yu Surip. Buat aku ini pecel yang enak di Semarang. Porsinya gedhe banget, pilihan sayurannya banyak – termasuk bisa milih nggak pake sayur yang pahit-pahit - , dan pilihan lauknya banyak banget. Kalo makan di sini kudu sabar yaaa. Antrinya suka lama.

Nah, dari lokasinya Pecel Yu Surip di Jalan Mataram, tinggal lurus dikit, belok kiri, belok kanan, dan viola, kamu udah nyampe di Stasiun Tawang dan bisa langsung balik pake kereta api. Ada banyak kereta api yang berangkat malam dari Semarang. Jadi pas banget kan, sampe subuh di Semarang, wisata kuliner seharian di Semarang, pulangnya langsung naik kereta api.

Satu lagi, kalo pesen kereta api online aja. Aku sih pilih pake Pegipegi. Bisa pake website atau kalo lebih praktis download app-nya Pegipegi di smartphone.

Kenapa Pegipegi? 




  • Tampilannya enak dan loadingnya cepet
  • User friendly. Tinggal maukin kota keberangkatan, kota tujuan, tanggal, klik sekali jalan atau pulang pergi. Gampang banget dan anti ribet.
  • Ada banyak pilihan harga dan jenis kereta
  • Kalo bingung bisa kontak CS 24 jam
  • Cara pembayaran yang beragam, transfer antar bank, kartu debit, kartu kredit, minimarket
  • Tiketnya asli. Aku berkali-kali pake dan aman!
Jadi, ayo pesen tiket kereta api terus wisata kuliner ke Semarang!

- Dinilint -

4 komentar:

  1. Catat baik2 ini mah, kalau ke Semarang kudu didatangin satu-satu. Pak Man aku aelalu datang kalau ke Semarang, favorit aku. Lumpia juga aku suka Gg Lombok sama Java Lumpia. Yang lain belum nyoba. Ke Semarang aaaah. Beburu buka pegipegi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Donna kalo ke Semarang kabarin yaaa. Pengen ketemu.

      Hapus
  2. Yang menarik cemilan sorenya ya heheheh ... lumpia, lumpia, dan lumpia. Ciri khas ...

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)