Minggu, 13 Januari 2019

Travelling ke Melaka. A Photostory From An Amateur.

Melaka, ada apa di sana?

Buat aku Melaka adalah kota yang sudah lama pengen didatangi, tapi lama juga belum kesampaian.


Jaraknya hanya sekitar 3 jam dari Kuala Lumpur, Malaysia. Nggak jauh sebenernya, tapi juga nggak dekat. Kalo cuma punya beberapa jam transit di KL, jalan-jalan ke Melaka bukan sesuatu yang mudah. Jadi pas kemarin punya kesempatan transit di KL, aku sengaja kasih waktu sehari supaya bisa jalan-jalan di Melaka.

Selasa, 08 Januari 2019

Cerita di Balik Oleh-Oleh Khas Dieng: Carica

Kamu pernah ke Dieng? Atau sedang berencana untuk travelling ke Dieng? Kalo denger kata Dieng pasti ada kata Carica. Carica ini oleh-oleh khas Dataran Tinggi Dieng. 


Carica sendiri sebenarnya buah yang masih satu keluarga dengan pepaya atau kates dalam bahasa jawa. Carica punya warna kulit hijau cenderung kuning dan warna buah oranye yang pucat. Bentuknya lebih kecil kalo dibandingkan pepaya dan rasanya nggak se-strong pepaya. 


Carica yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh dari Dieng adalah carica dalam bentuk manisan. Rasanya segar, cenderung manis dan khas buah carica. Yang udah nyobain pasti ngerti deh. 

Tapi, gimana ceritanya kok bisa ada Carica dari Dieng? Apa iya cuma bisa dapetin Carica kalo travelling ke Dieng?

Kamis, 03 Januari 2019

Museum Gula De Tjolomadoe Solo dan Cerita Manis Gula

Tiap datang ke Solo, aku dan adek-adek selalu menyempatkan diri untuk mampir ke Shi Jack, lapak susu segar yang cuma ada di seantero Solo. Cabangnya di Solo banyak banget, tapi entah kenapa Shi Jack kok nggak buka cabang di kota lain. 

Kalo orang-orang pada umumnya datang ke Shi Jack untuk minum susu segar dengan banyak pilihan rasa -susu murni, coklat, strawberry, bahkan matcha-, kalo aku selalu pesan es coklat tanpa susu. Aku nggak doyan susu kecuali udah berubah bentuk jadi es krim dan gelato. Hehe.

Sama seperti kemarin, begitu transit di Solo harapannya ya mampir ke Shi Jack. Sayangnya saat kami datang masih sekitar jam 4 sore. Shi Jack baru buka sekitar jam 6 sore. 


Punya jeda waktu begini baiknya dipake buat jalan-jalan nih. Tapi jalan-jalan ke mana untuk menghabiskan waktu 2 jam di sore hari?

Ternyata sekarang di Solo ada museum bernama De Tjolomadoe. Museum ini dulunya adalah pabrik gula yang, tentu saja, memproduksi gula. Pasti museum-nya bercerita tentang masalah per-gula-an dong. Sounds so sweet.