Senin, 20 Mei 2013

Belanja di Seoul

"Kak, kalo trip Korea ini aku mau siapin budget khusus buat belanja. Baju Korea kan lucu-lucu. Kosmetiknya juga murah-murah."

Kecapean belanja,, jadinya kakinya diangkat :P

Itu kata-kata adek saya sebelum berangkat ke Korea. Tapi,, ah masa sih belanja di Korea murah. Kalo lihat dari biaya makan yang lima kali lipat dibanding Indonesia,, masa sih murah? Belum lagi brand kosmetik Korea di Indonesia harganya lumayan mahal.
Kalo baju,, emang sih wardrobe yang dipakai di sinetron-sinetron Korea itu unyu-unyu. Let's see.
boneka lucu-lucu dipajang di jalanan begitu aja


Insa-Dong
Tempat belanja pertama yang kami datangi. Ternyata tempatnya menyenangkan sekali. Jalanan dan gedung perbelanjaan di desain sedemikian rupa. Si adek udah wanti-wanti, "Jangan belanja dulu disini ya kak. Masih ada tempat laen.". Jadi insa-dong ini tempat untuk memuaskan mata. Tapi kalo dapat anting handmade seharga 2000KRW nggak masalah kan dek.

salah satu rooftop di mal gedhe,, bisa buat istirahat kalo capek belanja. Free!
Dongdaemun
Ini nih tempat belanja paling populer buat orang Indonesia. Kenapa? Mungkin karena banyak pilihan. Ada banyak gedung pusat perbelanjaan. Juga untuk tempat kunjungan tur Korea. Salah satu yang terkenal Doota.  Saya bertemu orang-orang yang fasih berbahasa Indonesia di lantai 5 nya untuk beli sovenir sebagai oleh-oleh. Dan ternyata harga disana adalah harga termurah. Tapi kalo masalah baju,, cari deh gedung morning calm,, atau sebelahnya (lupa nama,, hehe). Banyak pakaian dengan harga 5000KRW saja. Mesti pinter milih tapi ya. [Psst,,, kalo nggak ada harganya berarti harga di atas 25000KRW]

selain belanja, ada pertunjukan musik gratis juga

Namdaemun
Ini adalah jalanan yang penuh dengan orang dan toko bermerk. Terutama merk kosmetik. Yap,, baru jalan beberapa meter udah ada mbak-mbak dan mas-mas pegang masker sama keranjang belanja kecil yang disorongkan ke muka kita, dan ngajak masuk ke tokonya. Untungnya,, kita selalu punya kesempatan untuk dapet sample kosmetik gratis. Kita juga boleh nyobain produknya. Dan ternyata emang bener, harga kosmetik di Korea lebih murah dengan merk yang sama. Mungkin ini salah satu strategi marketing yang yahud yah. Jadi kalo murah kan rela beli,, la uda di Indo, uda terlanjur cocok, beli deh dengan harga Indo yang lebih mahal. Kalo mau belanja dengan harga miring, banyak penjual yang buka lapak di jalanannya. Siapa tahu dapat sepatu cantik seharga 10000KRW kan.

kue-kue cantik di salah satu cafe

Myengdong
Tempat ini men-spesial-kan diri sebagai tempat jajan. Jadi kalo mau beli rumput laut rasa kimchi kesini deh. Ada di tiap sudutnya dan enak

penjual bunga di salah satu sudut area Hongdae University yang buka sampe malem.
Yang beli orang-orang yang pulang kerja malem-malem.

Hongdae University
Area universitas ini juga tempat yang seru untuk belanja. Banyak terdapat butik kecil-kecil dengan berbagai macam koleksi khas Korea mulai dari 9000KRW. Banyak pula creature unik yang dijual. Kalo weekend ada art market yang menjual barang-barang handmade di dekat universitas.

area Gangnam yang penuh dengan baliho

Gangnam Area
Tau kan lagu Gangnam Style? Nah, ini adalah tempat perbelanjaan kalangan atasnya warga Korea. Dan yang bikin saya takjub disini saya bertemu dengan berbagai macam plastic surgery thing. Sebut saja iklan, selebaran, brosur, konsultasi gratis, sampai gedung-gedung tinggi mirip mal ada di area ini. Yah,, jadi memang orang Korea mukanya mirip-mirip dan pahanya kecil-kecil karena dibentuk demikian. Hahaha.

Happy shopping,
Dinilint

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Di pinggiran jalan itu (Namdaemun) banyak miniatur kartun, sukaaaaaa
    jadi pengen ke Korea

    BalasHapus
  3. yes! Namdaemun bikin nagih kak ADE

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)