Rabu, 25 Oktober 2017

Pesona Kabupaten Semarang: Berenang di Umbul Sidomukti Lanjut ke Pondok Kopi

Siapa sih yang nggak tahu Umbul Sidomukti? Kalau kamu sedang mencari informasi tentang Semarang, pasti kata Umbul Sidomukti akan muncul di daftar pencarianmu. Sudah tahu belum apa itu Umbul Sidomukti?

berenang di Umbul Sidomukti
Bertahun-tahun tinggal di Semarang, aku kok selalu merasa nyaman dengan kota ini ya. Biar kata orang Semarang panas (ya,,,, emang sih, apalagi akhir-akhir ini Semarang panasnya kebangetan), kalo hujan banjir sampai-sampai ada lagu dengan lirik "Semarang kaline banjir....." (iya juga sih, kalau hujan lebat sedikit di beberapa jalanan, bahkan jalan protokol, mulai timbul genangan-genangan air), dan mulai sesak karena penduduknya terus bertambah dari waktu ke waktu sehingga menghasilkan macet di sana-sini (hiks), tapi selalu ada cerita seru tentang Semarang yang menggembirakan.

Salah satu hal yang menggembirakan tinggal di Semarang, khususnya Kota Semarang adalah dekat dengan Kabupaten Semarang dimana di situ banyak tempat seru.
Jadi kalau lagi suntuk dan stress dengan macet dan panasnya Kota Semarang, tinggal melipir sekitar satu jam aku sudah menemukan suasana yang berbeda. Seperti beberapa waktu lalu, aku dan keluarga melipir setengah hari ke Kabupaten Semarang. Lokasi yang kami pilih adalah Umbul Sidomukti.
Umbul Sidomukti terletak di kaki Gunung Ungaran. Kalau dari Kota Semarang kami berkendara ke arah Bandungan. Nah di Pasar Jimbaran nanti tinggal belok kanan dan mengikuti petunjuk arah Umbul Sidomukti yang jelas terlihat di kanan/kiri jalan. Meskipun jalannya lumayan terjal, berbelok-belok dan cenderung kecil (karena melewati kampung), tapi infrastruktur untuk menuju Umbul Sidmukti sendiri sudah tertata rapi.

Umbul Sidomukti ini semacam taman bermain untuk siapa saja. Di sini banyak sekali wahana-wahana yang ditawarkan, mulai dari yang santai seperti berfoto dengan burung cantik, hingga yang menantang seperti mengayuh sepeda pada seutas tali dan berjalan di marine bridge bak latihan jadi tentara. Semuanya itu dilakukan di atas jurang lho. Tapi biasanya yang ada jurang-jurangnya justru pemandangannya bagus banget kan.

Pada kunjungan ke Umbul Sidomukti kali ini aku manfaatkan untuk berenang di kolam renang Umbul Sidomukti. Kebetulan nih pas ke sana pas weekday, jadi tidak terlalu ramai. Berenang di Umbul Sidomukti ini membawa sensasi tersendiri dong. Berhubung Umbul Sidomukti ini letaknya di kaki gunung (kurang sedikit lagi sudah sampai pos 1 untuk pendakian Gunung Ungaran), jadi pemandangan yang ditawarkan sangat indah. Ya jadi semacam berenang di infinity pool resort ternama yang harga semalamnya mirip harga sewa rumah setahun. Tapi yang bikin beda adalah airnya, air gunung super segar. Awalnya sih aku sempat ragu, takut kalau kedinginan nyemplung di air dingin di gunung (karena nggak pernah mandi kalo lagi main di gunung :P ). Tapi ternyata ketika memberanikan diri nyemplung rasanya seger banget, khas air pegunungan tanpa tambahan obat kimia macam kolam renang-kolam renang di kota. Yang awalnya takut kedinginan, jadinya malah ketagihan. Hihihih.

Umbul Sidomukti juga menyediakan tempat bilas di alam terbuka atau tempat bilas di ruangan dengan sekat. Tempat gantinya juga bersih. Ini hal penting sih. Kadang kalau aku main basah-basahan entah di danau, air terjun atau pantai, tempat bilas dan kamar mandinya kurang mumpuni. Tapi di Umbul Sidomukti semua oke.

lapaaaaar

Setelah puas berenang, kami naik lagi ke atas menuju Pondok Panorama Kopi atau lebih dikenal dengan nama Pondok Kopi. Pondok Kopi yang sekarang berbeda dengan yang dulu. Pondok Kopi yang dulu bener-bener tempat ngopi apa adanya di kaki gunung, sekarang sudah jadi resto terbuka dengan pemandangan ala kaki gunung. Aku bisa lihat lampu-lampu kota di kejauhan. Minum coklat panas sambil dibelai angin gunung plus lihat awan dari jarak dekat sungguh menyenangkan. Iya di Pondok Kopi nggak melulu minum kopi, ada teh, coklat, jahe, dan lainnya. Kalau lapar tinggal pesen makan sesuai selera. Yang jelas sih menunya menu Indonesia yang selalu ada pilihan nasi goreng dan mi kuah.

pemandangan dari Pondok Kopi saat berkabut di malam hari

Seru kan tinggal di Semarang, kalau suntuk melipir ke Kabupaten Semarang cukup satu jam. Kami pakai alat transportasi pribadi, setir sendiri. Fyi, kami semua cewek. Jalannya nggak serem-serem banget kan ya,, dan pastinya infrastrukturnya sudah oke, jadi kami nyaman banget main-main ke kaki Gunung Ungaran untuk berenang di Umbul Sidomukti yang dilanjutkan ngopi di Pondok Kopi,,, eh nyoklat ding. Hihihihi.

Kamu sudah ke Umbul Sidomukti juga kan?
Dini Lintang Asri

Foto: dokumen pribadi 
Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang

4 komentar:

  1. Mauuu, kapan-kapan mbok ya diadain kopdar di sana, aku tak melu :D

    BalasHapus
  2. Tahun kemarin udah ke umbul sidomukti seneng udaranya masih segar, bulan depan mau kesini lagi family gathering kantor 😊

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)