Jumat, 15 Desember 2017

Rahasia di Balik Lezatnya Lunpia Cik Meme

Kalau kamu berkunjung ke Semarang, alangkah afdolnya kalo kamu sempatkan untuk menyicipi kuliner Semarang yang terkenal enak dan bikin ketagihan beberapa orang yang aku kenal termasuk diriku sendiri. Hehehehe. Salah satu kuliner khas Semarang ya jelas lunpia. Berhubung lunpia dan Semarang itu berhubungan baik banget, jadi ada banyaaaaak sekali pedagang lunpia di Semarang. Kamu nggak usah bingung pilih yang mana, belok aja ke Lunpia Cik Meme yang ada di Jalan Gajahmada, nggak jauh dari Simpang Lima. 

Lunpia Cik Meme

Kenapa Lunpia Cik Meme?

Ada banyak alasan untuk memilih Lunpia Cik Meme kalo kamu datang ke Semarang. Aku aja yang orang Semarang suka makan Lunpia Cik Meme lho.

LOKASI STRATEGIS
Jadi gini, lokasinya Lunpia Cik Meme ini super strategis. Kalo denger Semarang, kamu pasti bakalan denger Simpang Lima. Simpang Lima ini semacam pusat kota, tempat segala jenis fasilitas Kota Semarang, dari mulai mal, angkringan, tempat rekreasi, lapangan basket, masjid, sampe hotel dan hostel berkumpul. Nah, letak Lunpia Cik Meme ini ada di Jalan Gajahmada Semarang. Kamu bisa jalan kaki menuju Lunpia Cik Meme sekitar 5 menitan lah. Deket banget kan? Kalo kamu pilih pake kendaraan, perhatiin aja bagian kiri jalan, pasti kamu bakal ketemu Lunpia Cik Meme dengan sekali lihat. Lunpia Cik Meme juga gampang banget dikenali. Dari kejauhan pun sudah ada plang super besar yang menandakan Lunpia Cik Meme ada di situ. Aku ini kan anaknya suka disorientasi arah dan agak susah menemukan tempat baru. Tapi pengalamanku pertama kali ke Lunpia Cik Meme nggak pake nyasar lho. *bangga :P

Gerai Lunpia Cik Meme di Jalan Gajahmada

TEMPAT ALA RESTORAN
Kesan pertamaku pas masuk ke dalam Lunpia Cik Meme adalah besar. Tempatnya sendiri lebih mirip restoran dibanding tempat beli lunpia. Bangunannya terdiri dari 2 lantai. Di lantai pertama terdapat meja kursi untuk makan persis seperti restoran. Di dindingnya ada berbagai macam artikel, foto, dan segala jenis testimony. Ada juga bagian semacam mini market yang memajang berbagai macam oleh-oleh yang bisa dibeli. Yang paling penting ada counter untuk pilih-pilih lunpia. Mau pilih untuk dimakan di tempat atau beli satuan, bisa semua.
Di lantai dua masih ada meja dan kursi ala restoran. Di sini juga terdapat playground untuk anak-anak main dengan tenang supaya ortu bisa makan lunpia dengan nyaman. Ada pula tempat meeting lengkap dengan peralatan meeting semacam proyektor dan meja panjang yang bisa disewa. Untuk menyewa ruang meeting di Lunpia Cik Meme kamu cuma perlu bayar Rp 50,000,- per orang. Biaya ini nantinya akan menjadi makanan dan minuman yang pasti bakal bikin kamu kenyang dan puas. Minimal orangnya adalah 15 orang dan maksimal pemakaian sampai 3 jam. Penawaran yang seru kan.
Tempat parkir di Lunpia Cik Meme juga lumayan luas dan gampang. 

Meeting room

ENAK!
Kalo rasa lunpia nya sendiri gimana nih?
Enak! Seriously. Jadi aku yang sudah tinggal di Semarang sejak TK dan sudah kenal lunpia sejak kecil ini nggak bakalan mau makan lunpia abal-abal yang rasanya so-so, apalagi yang nggak enak. Pertama kali berkunjung ke Lunpia Cik Meme, nggak ada ekspektasi apa-apa. Lunpia Cik Meme ini termasuk lunpia yang baru buka kalo di jagat per-lunpia-an di Semarang. Tapi pas nyobain, ternyata,, enak. Enak yang beneran enak ya.
Tips: kalo ke Semarang, kalo pengen lunpia, jangan beli lunpia yang di pinggir jalan. Meskipun harganya lebih murah dan gampang didapat, tapi takutnya nanti kamu trauma dengan lunpia dan nggak kasih kesempatan ke diri kamu untuk nyobain lunpia asli Semarang yang beneran enak.
Nggak semua orang bisa masak rebung, tapi rebungnya Lunpia Cik Meme pas dan enak. Isiannya nggak terlalu kering tapi juga nggak over basah. Bumbunya pas. Racikannya pas. Terus kulit lunpia nya yang tipis dan crispy juga matching banget dengan rebungnya. Kulit lunpia basahnya juga pas tu,, nggak alot. Pokoknya matching dengan rasa rebungnya.
Tahu nggak kenapa rasanya bisa pas gitu? Karena Cik Meme ini emang ahli lunpia. Cik Meme adalah anak bungsu dari maestro chef lunpia Tan Yok Tjay yang punya lunpia di Jalan Mataram. Sejak SD Cik Meme sudah belajar bikin lunpia, mulai dari belajar bikin bumbu lunpia yang khas pas kelas 1 SD hingga mulai memilih dan mengolah rebung pas kelas 4 SD. Jadi sekarang nggak diragukan lagi kualitas lunpianya. Cik Meme sendiri yang mengawasi tiap rebung yang datang dari berbagai suplier, menentukan resep apa untuk mengolah rebung yang mana, hingga siap disajikan pada pelanggan. Luar biasa ya.

Enak beneran!

PILIHAN RASA
Salah satu keunggulan Lunpia Cik Meme dibanding lunpia lain adalah di pilihan rasa. Selain lunpia rasa original yang berisi rebung, ayam, udang, dan telur. yang rasanya enak khas lunpia Semarang, ada pula pilihan lain yaitu:
  • Lunpia raja nusantara dimana raja adalah kepanjangan dari rasa jamur yang terdiri dari rebung, jamur, kacang mete, dan ada campuran telurnya. Ini rasa favorit aku. Rasanya gurih dan pas. Apalagi proporsi daging dan telurnya nggak terlalu banyak, pas kalo buat aku yang nggak terlalu suka daging.
  • Lunpia crabs dengan tambahan crabs atau kepiting. Rasanya khas rasa kepiting.
  • Lunpia fish kakap yang berisi rebung dan ikan. Konon orang-orang dari Sumatra suka banget dengan rasa lunpia fish kakap ini.
  • Lunpia Kajamu alias kambing jantan muda. Rasanya khas dengan rempah, ada sedikit rasa pedas. Kalo yang ini favoritnya orang dari Malaysia.
  • Lunpia plain atau lunpia yang isinya hanya rebung saja. Lunpia ini cocok banget untuk yang vegan atau yang sedang nggak bisa makan daging. Rasa lunpia plain ini nggak kalah lho dengan rasa lunpia yang lain. Tetep enak dan gurih.
Playground

BELI 1 AJA
Duh,, dari tadi nulis Lunpia Cik Meme jadi pengen makan lagi. Thank God Lunpia Cik Meme menawarkan berbagai kemudahan untuk pelanggannya. Kalo aku lagi di rumah dan mager, aku tinggal telpon layanan free delivery di 024 3511007 atau 085 100 000 727Kalo males telpon aku bisa pesen lewat Go-Food karena Lunpia Cik Meme sudah partner dengan Gojek. Kalo pesen satu pun dilayani lho. Kalo aku mau agak sabar, aku bisa dateng besok ke gerainya dan makan di tempat. Kalo aku pengen bawa ke luar kota aku juga bisa banget bungkus untuk dibawa. Lunpia Cik Meme bahkan punya gerai di bandara dengan harga lunpia sama seperti di gerai pusatnya. Kalo mau pesen pas mau naik pesawat bisa banget. Gerai Lunpia Cik Meme di bandara siap sedia dari mulai flight pertama sampai flight terakhir. Lunpia Cik Meme tahan 24 jam di suhu ruangan karena nggak pake pengawat dan bisa tahan lebih lama kalo masuk kulkas. Kalo pun lunpia nya masuk kulkas, kalo aku goreng ulang kualitasnya rasa dan tekstur lunpia-nya nggak berubah lho. Juara! 

Foto bareng temen-temen Gandjel Rel

Lunpia Cik Meme ini dulunya bernama Lunpia Delight. Berhubung Cik Meme ini jualan makanan tradisional, maka ada saran untuk mengubah namanya supaya nggak ke arah barat. Jadilah Lunpia Delight menjadi Lunpia Cik Meme dengan foto khas Cik Meme yang selalu tersenyum cerah menandakan hari ini ada lunpia enak.
Lunpia Cik Meme juga sudah punya sertifikat halal dari MUI. Proses untuk mendapatkan sertifikat halal ini lumayan panjang dan sampai saat ini terus diawasi oleh MUI untuk mempertahankan sertifikasi halalnya.

Sukses terus ya Cik Meme

Udah ah,, beneran ngiler nih dari tadi cerita Lunpia Cik Meme. Aku mau makan Lunpia Cik Meme dulu. Kamu kalo ke Semarang mampir dan buktiin ceritaku ya.

- Dini L.A.-

6 komentar:

  1. Enakkk, aku dari 2015 kalo ngga salah udah nyobain Lunpia ini dan syukaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku telat nyoba ya mbak,, tapi gapapa lah mending telat darpiada nggak,, jebul enak tuenan

      Hapus
  2. Iya, rebungnya itu pas banget rasanya ya, yuk ke sana lagi

    BalasHapus
  3. Cik meme kok cantik bgt ya *salfok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang cantik tu Cik Meme. Pinter, humble, nyenengin deh.

      Hapus

Thank you for reading and leaving comment :)