Rabu, 14 Februari 2018

Can't you see the different


Story behind this post:

Saya baru saja mendengar berita tentang kasus kekerasan yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab yang menikam pemuka agama saat sedang memimpin kegiatan agama. Satu hari sebelumnya ada twit tentang penolakan terhadap salah satu acara agama minoritas di salah satu daerah di Indonesia, sedangkan di sisi lain beberapa kelompok mengecam kasus Rohingya. Salah satu pesannya berbunyi, "Jika kita mengecam yang terjadi di sana (Rohingya) dan menghalalkan yang terjadi di Tangerang, rasa keadilan kita palsu. -Goenawan Mohamad-" 

Postingan saya di Instagram @dinilint pada tanggal 11 Februari 2018 memang bercerita tentang perbedaan, tapi sebenarnya bukan perbedaannya yang ingin saya tonjolkan, namun di balik semua perbedaan ini ada persamaan yang menyatukan.

Saya sedih dengan apa yang terjadi dengan Indonesia. Indonesia yang katanya sudah merdeka sejak tahun 1945, yang dibangun dari beribu-ribu suku dan bahasa adat, yang memiliki dasar bernama Pancasila yang bersimbolkan Bhineka Tunggal Ika, kenapa harus bertengkar atas nama agama?
Saya, sebagai orang Indonesia, masih berharap negara ini tetap ada, tetap bersatu, dan damai selalu. Saya juga percaya bahwa sebagian besar penduduk negeri ini punya harapan yang sama seperti saya.

May God be with us.

Dinilint

10 komentar:

  1. Setuju mbak. Saya suka tulisan mbak. Pendek, padat, dan berisi.
    Semoga Indonesia semakin jaya. Masyarakatnya bersatu, rukun dengan perbedaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiiiinnnnnn.
      Aku yakin banget sebagian besar dari rakyat Indonesia dan orang-orang yang tinggal di Indonesia bisa menghargai perbedaan dan menjunjung persatuan, cuma yang menyita perhatian lebih besar yang bikin rusuh. Ayo kita sama-sama beritakan kalo masih banyak yang toleran.

      Hapus
  2. Setuju banget sama postingannya, Din. Sedih banget lah ngeliat kondisi Indonesia sekarang. Nggak udah-udah ada masalaaaah terus tentang perbedaan, hiks :'(

    BalasHapus
  3. Indonesia memang dibangun atas perbedaan dari banyak sisi, dan yang menyatukan kita salah satunya adalah toleransi. Membiarkan orang lain melakukan kepercayaannya asal tidak merugikan masyarakat.

    Sayang ada beberapa orang yang ingin memecah belah bangsa ini dengan berbagai cara. Salah satunya dengan isu agama. Semoga Allah selalu melindungi bangsa Indonesia dari segala ancaman, aamiin :)

    BalasHapus
  4. Setuju banget dengan tulisan Mba Dini, perbedaan bisa membuat kita merasa kaya dan banyak bersyukur. Perbedaan juga yang membuat Indonesia begitu indah dan berwarna.

    BalasHapus
  5. Insya Allah, masih banyak yang sependapat denganmu.. mari kita bersama berdoa yg terbaik bagi Indonesia..

    BalasHapus
  6. Tau nggak, semua ini karena politik mba, ada yang menyebarkan paku seolah2 orang lain yg menyebarkan dan yang menyebarkan paku menolong bak pahlawan, kampret nggak?

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)