Senin, 26 November 2018

Dinilint: Travelling, Blog, dan Wastra Nusantara | Day 6

Bertahun-tahun yang lalu pernah ada challeng di instagram yang diberi judul #20factsaboutme. Aku harus menceritakan tentang diriku di sebuah caption di feed instagram (jaman itu juga belum ada stories sih), kemudian aku wajib men-tag 12 teman yang harapannya melanjutkan tantangan #20factaboutme. Aku ikutan challenge #20factsaboutme juga karena di-tag sama beberapa teman dan merasa tertarik.




Challenge accepted @anakspesial @gladiayure Here's #20factsaboutme : 1. was born as dini lintang asri. you call me lintang, dini, sab, tanglin, titut, misae, but never been called asri 2. My hair is real curly. Red color to cover my grey hair 3. Often have some acnes over my face. Maybe my body still teenage body 4. have been a nurse for some years 5. sometimes people still use my nursing skill when I'm doubt about it. hey they believe me 6. beach girl 7. miss to climb the mountain often 8. my first experience in wild nature is very uncomfortable. that time I need to sleep in cold tent with more than ten people inside and share one sleeping bag for almost 4 persons 9. that uncomfort experience made me addicted to nature 10. have experiences of miss the flight. but I never miss the train nor the bus 11. produce almost my outfit by myself 12. I love visual things 13. have two instagram account. the other the other one is for my outfit pic 14. my dad & my mom are alive, but I live with mom 15. my mom never force me about married, so I don't wish u to force me about it. 16. I'm single but availability is depend ;) 17. I'm a picky person,, o yeah because there's a lot of choices to pick 18. I share my journey of life on blog 19. I love taking my foot picture,, that's why my blog named 'catatan kaki' 20. have life journal, but my record to write about my life simultaneously only for 5 days What's yours?
Sebuah kiriman dibagikan oleh Sprinkle Stardust (@dinilint) pada


Kadang kita nggak bener-bener kenal dengan diri kita lho. Makanya tantangan "Facts About Me" ini menarik banget. Selain kita belajar mengenal diri sendiri dengan lebih jujur, kita juga belajar jujur untuk berani mengemukakan fakta tentang diri kita pada dunia. *cieeehhh

Kali ini aku juga lagi ikutan tantangan dari Blogger Perempuan, komunitas blogger dengan ribuan anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Tantangannya nggak cuma nulis "Facts About Me" aja, tapi nulis blog selama 30 hari berturut-turut dengan tema yang berbeda setiap harinya. Iya, aku
komit untuk nulis satu post tiap hari selama 30 hari. Gila ya. Hahaha.

Beda dengan tantangan di Instagram bertahun-tahun yang lalu itu, kali ini aku cukup nulis 5 fakta tentang aku. Cukup 5 aja, nggak perlu banyak-banyak. Nanti aku terlalu narsis, dan kamu yang pada baca eneq. Hahaha

FYI, fakta-fakta tentang Dinilint yang bakal aku bahas di sini cuma yang berhubungan dengan dunia ngeblog, travelling, dan kecintaanku terhadap kain nusantara. Ini nih faktanya:


1. Seneng travelling sejak dulu


Udah suka banget sama travelling dari dulu

Aku lupa tepatnya sejak kapan aku cinta travelling. Yang jelas pas aku masih TK dulu aku udah melakukan perjalanan jauh dari Lampung, kota kelahiranku ke Semarang, kota tempat aku besar. Waktu itu boro-boro pake pesawat, aku pindah dari Lampung ke Semarang naik bus, fery, dan kereta api. Kebayang kalo anak kecil jaman sekarang diajak travelling sebegitu lamanya naik moda transportasi darat kayak gimana repotnya.

Saat sudah tinggal di Semarang, aku masih sering bepergian di sekitaran Semarang, yaitu ke Salatiga dan Solo. Travelling-nya tentu saja pake kendaraan umum, seperti bus dan kereta api. Aku juga seneng banget kalo tahu ternyata punya saudara di Jakarta, punya saudara di Surabaya, punya saudara di Kediri, dan tempat-tempat lainnya. Dalam bayanganku, kalo ada saudara di kota lain, berarti aku bisa travelling  ke sana karena ada tempat nginap gratis. Wkwkwkw.

2. Pilih kerjaan yang mendukung travelling


Sambil leyeh-leyeh sambil nulis draft di smartphone

Saking cintanya dengan travelling, pas lulus SMA aku nyari jurusan kuliah yang bisa membawa aku travelling lho. Setelah perjalanan panjang penuh drama daftar kuliah sana-sini dan ditolak, akhirnya aku kuliah keperawatan. Kenapa? Karena ada kemungkinan untuk aku bisa kerja di luar negeri. Kenapa? Lebih ke pengen travellingnya sih daripada kerjanya. Hahaha.

Seiring berjalannya waktu, aku menyadari kalo passionku bukan bekerja di dalam satu ruangan terus-menerus. Aku juga nggak suka ketemu orang sakit. Jadi aku pindah haluan untuk kerja sesuai dengan hobi, termasuk ngerjain blog www.dinilint.com ini. Kerjaan lain yang aku kerjakan saat ini, jam kerjanya sangat fleksibel dan seusai dengan hobiku yang berhubungan dengan musik. Kerjaan ini juga bisa menghasilkan uang untuk modal travelling. Penting nih.

3. Travelling pake duit sendiri


Foto dari liburan pertama ke luar negeri

Sejak bisa menghasilkan uang sendiri, aku pun mulai travelling ke tempat-tempat yang lebih jauh lagi. Mimpiku untuk jalan-jalan ke luar negeri juga aku wujudin setelah punya uang sendiri. Nah, tiap selesai travelling, aku selalu berusaha nulisin cerita perjalananku di blog. Kalo jaman dulu ada namanya album foto, di jaman digital ini aku bikin album perjalnanku lewat blog.

4. Cinta sama wastra nusantara


Pake outter batik Jepara buatan sendiri untuk travelling ke Vietnam

Selain hobi travellling, aku juga suka banget dengan kain-kain nusantara. Pertama kali kepincut sama batik. Awalnya cuma suka di motif-motifnya aja. Lama-lama jadi paham kenapa wastra nusantra itu bisa mahal banget, karena proses nggak mengkhianati hasil.

Aku lebih suka beli kain. Kenapa? Ya karena dulu nyari baju dari bahan batik atau tenun yang ready to wear yang lucu dan nyaman itu susah banget. Jadi mau nggak mau aku belajar jahit.

Saking cintanya sama kain nusantara, tiap travelling aku selalu berusaha kain khas daerah tersebut. Kalo ketemu temen dari daerah lain juga suka nanya-nanya tentang kain daerah mereka. Sampe ada yang rela ngasihin sarung khas daerahnya buat aku. Happy.

5. Dinilint & Gelintang



Selain travelling di dalam negeri, aku juga suka banget jalan-jalan ke luar negeri. Sebisa mungkin aku mengenakan identitas Indonesia ketika travelling ke luar negeri. Cara paling gampang sih pake baju dari kain tradisional nusantara atau pake kaos yang ada tulisan Indonesia-nya. Berhubung suka pake baju-baju dari kain tradisional nusantara itu, banyak temen-temen yang minta bikinin juga.

Dari bikin-bikinin temen, akhirnya aku beraniin diri untuk bikin label baju bernama Gelintang. Baju-bajunya masih baju cewek aja sih. Yang ready to wear ada, tapi banyakan yang minta custom made dari temen-temen sendiri. Lumayan kewalahan juga, soalnya aku masih ngerjain semua-muanya sendirian. Eh, siapa tahu ada yang baca post ini terus kasih insight untuk aku dan Gelintang, aku pasti welcome banget.

Eh post ini udah hampir habis lho. Terima kasih banget untuk kamu semua yang rela menghabiskan waktunya untuk baca post ini. Apalagi post ini isinya tentang Dinilint banget, yang bukan siapa-siapa. You are awesome guys! Kamu juga punya fakta tentang dirimu yang bisa aku baca? Tinggalin komen biar aku bisa baca blog kalian juga yaaa. Kalo yang nggak punya blog, aku juga terbuka untuk komen kalian lho, berani nggak kalian cerita satuuuu aja fakta tentang diri kamu?

- Dinilint -


Blogpost ini diikutsertakan dalam Blogger Perempuan Network 30 Days Blog Challenge 2018
Day 1 | Day 2 | Day 3 | Day 4 | Day 5 | Day 6 | Day 7 | Day 8 | Day 9

4 komentar:

  1. Yang bikin iri itu, pekerjaan yang mendukung kegiatan travelingnya hahaha. Serta, traveling pakai duit sendiri. Awesome!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puji Tuhan, bisa kerja yang jam-nya fleksibel begini.
      Iya mbak, emang udah niat dari kecil, kalo punya duit dipake buat travelling. Hehe

      Hapus
  2. Paling enak itu mbaa
    Kerjaan yg mendukung hobi
    Beuhh

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)