Jumat, 09 November 2018

Empat Tahun Indonesia Kreatif. Indonesia Menuju Negara Maju.


Tahu nggak sih kalau Indonesia berpotensi jadi negara maju kelima di dunia di tahun 2030. Survey dari PricewaterhouseCoopers (PwC) yang dimuat dalam laporan “The Long View: How Will the Global Economic Order Change By 2050” memuat peringkat 32 negara berdasarkan proyeksi produk GDP global berdasarkan paritas daya beli masing-masing. Surprisingly Indonesia masuk daftar lho!

Dikutip dari slide show Bp. Andoko Darta (Tim Komunikasi Presiden)

Eh,, kok bisa? 

Ini sih nggak lepas dari kerja keras pemerintah Indonesia yang empat tahun ke belakang ini kerja dengan baik banget. Hal ini terbukti dari pembangunan infrastruktur (jalan, jalan tol, bandara, rel kereta api, tol laut) di seluruh penjuru Indonesia, pemerataan listrik di seluruh Indonesia, konektivitas internet sampai ke pelosok desa, adanya dana desa, dan kemunculan berbagai start-up baru yang didukung oleh Kemenkoinfo.


Pembangunan Infrastruktur (jalan, jalan tol, kereta api, bandara)


Pembangunan infrastruktur empat tahun terakhir ini memang kelihatan jelas banget. Pemerintah lewat Kementerian PUPR sudah bikin ribuan tol kilometer jalan tol baru sepanjang tahun 2015-2018. Yang jelas sih aku tertolong banget dengan adanya jalan tol baru yang menghubungkan ujung barat Pulau Jawa ke ujung timur Pulau Jawa.

Dokumentasi Kementerian PUPR

Aku yang doyan travelling ini merasa terbantu banget karena bisa menghemat waktu saat menjalani road trip. Nah, gimana dengan para pengusaha yang mendistribusikan barang-barangnya lewat jalan darat. Pasti lebih efektif dan efisien banget dong. Akibatnya ekonomi pun juga meningkat. Keren.

Pembangunan rel kereta api juga lebih merata sekarang. Kalo dulu yang bisa menikmati naik kereta api cuma penduduk yang ada di Pulau Jawa dan Sumatra aja, sekarang di Pulau Sulawesi juga ada jalur kereta api. Pembangunan di NKRI pada tahun 2014-2018 ini udah lebih merata yaa.

Pembangunan bandara juga ada di mana-mana. Yang paling deket dan paling berpengaruh sama aku sih, pembangunan bandara baru A. Yani di Semarang. Bandara baru ini jauh lebih layak dan mumpuni daripada yang lama. Belum lagi ada bandara Silangit yang membuat akses ke Danau Toba lebih dekat, dan Bandara Majalengka di Jawa Barat. Kalo begini hasrat travelling jadi nambah.

Listrik di mana-mana


Selama empat tahun belakangan listrik juga lebih merata di seluruh Indonesia. Kebayang nggak sih hidup tanpa listrik di jaman modern ini. Aku sih susah ngebayanginnya. Ternyata di pelosok Indonesia masih ada temen-temen kita yang belum menikmati listrik lho. Gila ya,, udah 70 tahun Indonesia merdeka tapi nggak ada listrik.

Citra Satelit wilayah Indonesia oleh NASA

Thank God, di jaman pemerintahan Pak Jokowi ini pemerataan listrik sudah merata sampai ke pelosok-pelosok. Mungkin kalo dilihat pake foto satelit, bisa dibandingin foto malam hari di tahun 2014 dengan foto malam hari di tahun 2018. Yang tahun 2018 nyala lampunya udah lebih rata dong.

Konektivitas internet di seluruh pelosok NKRI


Nah kalo listrik udah rata, internet juga udah merata lho sampe ke pelosok-pelosok Indonesia. Di tahun milenial ini internet berperan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya internet, kita bisa tahu lebih banyak. Dalam satu menit ada 3,3 juta informasi baru yang diedarkan di dunia maya.


Eh tapi, omong-omong soal informasi, hati-hati yaa. Selain ada informasi berguna, ternyata banyak juga lho informasi yang ngaco. Ada banyak hoax, ada banyak informasi tentang radikalisme yang merusak persatuan NKRI, ada informasi pornografi. Informasi-informasi begini nih yang bikin Indonesia susah jadi negara maju.

Menuju Indonesia sebagai negara maju


Jadi prediksi Indonesia bakal jadi negara maju cuma akan terjadi kalo NKRI dalam keadaan kondusif. Selain pemerintah, kita juga berperan besar lho dalam membuat Indonesia yang tetep bersatu dan damai ini. Saring sebelum sharing (berbagi) berita itu penting banget.


Kalo Indonesia beneran jadi negara maju, yang kena dampak positif juga kita-kita juga lho. Yang jelas kesejahteraan rakyat di negara maju pasti lebih baik daripada kesejahteraan rakyat negara berkembang. Indonesia jangan terlalu lama terlena dalam middle income trap, negara dengan pendapatan tingkat menengah.

Ya emang sih, pendapatan menengah di jaman sekarang udah bisa hidup layak. Tapi coba deh berpikir 10 tahun ke depan. Kalo kita tetep di pendapatan tingkat menengah, Indonesia cuma bakalan jadi negara dengan pendapatan kecil aja.

Start Up dan Perusahaan Unicorn


Indonesia ini potensial banget lho buat jadi negara maju. Di Indonesia aja ada empat korporasi unicorn; gojek, traveloka, tokopedia, dan buka lapak. Bahkan Gojek jadi salah satu dari 50 korporasi di dunia ya bisa mengubah dunia. Kamu sendiri ngerasain juga kan?


Pemerintah Indonesia juga berusaha membuat ratusan start-up baru yang juga potensial menjadi korporasi unicorn. Bahkan kabarnya Kemenkominfo juga akan memberikan beasiswa terkait computing, digital bussiness, artificial intellegence, dan cyber security. Keren kan.

Bukti bahwa Indonesia emang layak jadi negara maju


Indonesia juga sudah membuktikan pada dunia kalau emang layak jadi negara maju. Inget-inget deh momen Asian Games beberapa bulan yang lalu. Opening ceremony aja membuat level acara pembukaan pesta olah raga dunia membuat naik level. Indonesia juga mampu meraih 31 medali emas di ajang Asing Games dan 34 medali emas di ajang Asian Para Games.

Di tahun 2018 angka kemiskinan di Indonesia juga turun dari angka 10,2 % menjadi 9,8%. Angka kemiskinan yang menjadi satu digit ini mencetak sejarah lho. Keren!

Dikutip dari slide show Bp. Andoko Darta (Tim Komunikasi Presiden)

Balik lagi, ke kita, kita mau nggak sih Indonesia jadi negara maju. Kalo iya, yuk bantu pemerintah dengan berpikir positif. Lebih bijak dalam menggunakan internet juga jadi bagian kita sebagai rakyat Indonesia untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju di masa depan.

Foto oleh Dikoko Production

Kalo Indonesia maju, yang untung juga kita juga kan, rakyatnya.

- Dinilint -

10 komentar:

  1. Mmg bangga dengan pembangunan Indonesia yg telah byk perubahan. Artikel yg padat menjelaskan semua kinerja pemerintah. Selamat ya..juarak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kan merangkum apa yang disampaikan dan nambahin pengalamanku sendiri yang udah ngerasain sendiri kinerja pemerintahan yang sekarang.

      Makasih mbakyuku.

      Hapus
  2. Yaapp.. kita akan mesa bangga dan mampu bersaing dengan negara hebat dan negara maju lainnya. jangan banyak nyonyirnya. coba mana aprestasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Kalo mau nyinyir, inget-inget lagi, kita udah bisa apa buat negeri ini. Apa kalo kita di posisi mereka kita juga bisa berprestasi seperti mereka.

      Hapus
  3. Memang sangat terlihat perubahan Indonesia ini, sesuai yang ditulis di pos ini. Jalan, tol, bendungan, dan infrastruktur lainnya, termasuk program-program yang pro rakyat. Kalau di Ende, paling terasa (tentu dari pemimpinnya) adalah dibukanya kembali Pelabuhan Ippi dan didatangkannya kapal-kapal ke Ende (penumpang, ferry, roro). Luar biasa memang dan semoga masyarakat kita bisa menjadi lebih cerdas melihatnya, merasakannya, mengakuinya, dan mendukungnya. Karena tidak ada pemerintah yang betul-betul sempurna, hal-hal yang mungkin dirasakan masyarakat merugikan, sebenarnya ada di semua pemerintahan hehehe. Tapi pembangunannya itu yang harus dilihat dengan seksama dan pola kerjanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WOW!!

      Ende keren. Seneng ya jadi rakyat kalo pemerintahnya kerja bener gini.

      Hapus
  4. Semoga masalah listrik di luar pulau Jawa mendapat prioritas. Nggak kebayang kalau listrik sering mati sampai lama. Meski di tempatku sendiri beberapa kali terjadi pemadaman sementara karena ada perbaikan, dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya,, kita aja cuma ngerasain pemadaman beberapa jam rasanya udah bete banget. Ternyata banyak sodara kita yang bahkan belum menikmati listrik. Semoga pembangunannya segera terwujud ya

      Hapus
  5. Majulah Indonesiakuuuuu 💪
    Kalau dibanding zaman aku kecil sampai sekarang sih banyakan perubahan baiknya. Semoga tetap seperti itu dan gak ada penurunan. Amin 😊

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)