Kamis, 08 November 2018

Seru-Seruan River tubing di Little Ubud

Pernah denger istilah river tubing? Kalau river tahu dong, artinya sungai. Tubing itu bisa diartikan  dengan mainan ban. Jadi river tubing adalah mainan ban di sepanjang sungai. Haha,, terjemahannya ngaco banget yaaa.

Oh yeah!

Tahu nggak apa itu Little Ubud? Little Ubud ini nggak deket dengan Ubud yang ada di Bali, tapi keindahannya mirip-mirip Ubud. Ubud di Bali kan dikenal dengan hamparan padi yang bertumpuk-tumpuk dan indah nah kalo di Little Ubud kurang lebih pemandangannya sebelas dua belas dengan pemandangan di Ubud. 

Sawah terasering yang indah


Little Ubud tidak berada di Bali melainkan di Magelang. Little Ubud sendiri sebenarnya bukan nama tempat, melainkan nama operator untuk river tubing, permainan air yang dilakukan di sungai. Lokasi Little Ubud ini ada di antara sawah-sawah cantik di daerah Candimulyo Magelang. Lokasinya sungainya lumayan nyempil, tersembunyi di bawah sawah terasering.

Percayalah, kalo kamu jalan sendiri di sini kamu juga bakalan ngowoh-ngowoh

Kabar baiknya Little Ubud sudah terdaftar di Google Map, jadi kalau mau kesana tinggal ketik kata 'Little Ubud' dan viola,, g-map akan menuntun sampai ke tujuan. Jangan kaget kalau g-map menuntun melewati jalanan kecil dalam gang, karena aksesnya ya memang jalan seperti itu.

Buat aku pribadi Little Ubud lengkap dengan sungai dan sawah teraseringnya merupakan tempat wisata yang berkesan. Tempatnya indah banget. Untuk menuju sungai tempat river tubing, kita diajak naik sungai yang lumayan besar dengan aneka jeram yang sangat cocok untuk bermain river tubing. Yang bisa mainan river tubing di sini mulai dari anak-anak usia 7 tahun sampai orang dewasa yang berani mencoba hal baru.

Safety first


Sebelum mainan air, kita diwajibkan untuk menggunakan berbagai perlengkapan keamanan seperti pengaman lutut dan tangan, sepatu plastik, helm, dan jaket pelampung. Biar bagaimana pun keselamatan tetap yang utama ya. Semua alat-alat ini disediakan oleh pihak Little Ubud dan sudah termasuk dalam paket river tubing seharga Rp. 45,000 per orang.

Safety gear sudah dipake

Kalau sudah memakai semua perlengkapan keselamatan dengan lengkap, sang pemandu akan menjelaskan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan selama river tubing termasuk bagaimana cara menaiki ban di sungai.

Perjalanan dengan view super cakep menuju sungai


Untuk menuju sungai dari basecamp, kami diantar menggunakan mobil bak terbuka dan duduk di belakang bersama ban-ban yang akan mengangkut kami. Sepanjang perjalanan menuju sungai, kami disuguhi pemandangan sawah hijau yang bertumpuk-tumpuk persis seperti di Ubud. Jalanannya juga naik turun tapi mulus.

Jalan melewati sawah cantik, nggak lupa mampir buat foto

Dari tempat parkiran mobil, kami harus lanjut jalan kaki sambil membawa ban masing-masing. Sepanjang perjalanan hamparan sawah hijau kembali menyapa. Ada beberapa tempat untuk mengambil foto. Mas-mas petugas dengan sigap memberi tahu spot mana yang paling bagus untuk mengambil gambar.

Nyebur ke sungai yang dingin tapi seger


Puas foto-foto dan sudah malas jalan kaki, saatnya nyebur ke sungai, duduk manis di atas ban, dan mengikuti aliran sungai dengan santai. Sungai di Little Ubud ini airnya segar banget. Pertama kali nyemplung rasanya dingin, tapi lama-lama seger banget.

Nyebur sungai bikin nagih

Tugas kita hanya duduk manis di atas ban dan menikmati ban melaju dibawa aliran air. Kalau bertemu jeram dan tumpukan batu cukup dinikmati aja. Kalau misalnya nyangkut tinggal lambaikan tangan pada mas-mas yang mengkawal kita di paling depan dan paling belakang. 

Nggak cuma jeram, ada air terjun juga


Di tengah perjalanan ada bagian di mana air sungainya berubah menjadi air terjun. Di sini kita harus keluar dari sungai, melempar ban ke bawah (dan diterima oleh mas-nya yang udah siap nerima ban di bawah sana), kemudian turun lewat tangga. Kalau suka tantangan bisa juga loncat dari atas ke air yang dalam. Saranku, loncat saja. ;)

Difotoin mas-nya dari bawah

Perjalanan river tubing ini memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Meskipun menempuh jarak sekitar 8 km tapi rasanya kurang puas deh. Pas sudah sampai rasanya masih pengen lagi dan ketagihan. Tapi mobil pick up sudah menjemput di ujung sana.

Mandi di kamar mandi bersih dan dapat minuman seger khas Magelang


Sampai basecamp aku bisa mandi karena tersedia kamar mandi bersih untuk mandi, bilas, dan ganti baju. Selesai bebersih, pihak Little Ubud menyuguhkan minuman tradisional asal Magelang yang disajikan hangat. Aku nggak inget namanya, tapi sepertinya minuman ini dibuat dari semacam rempah-rempah yang seger di badan.

Balik ke basecamp tetep pake mobil bak

Hal-hal semacam river tubing di alam terbuka begini adalah hal favoritku dari wisata di Indonesia. Indonesia ini emang kaya banget alamnya, dan sangat seru untuk dijelajahi. Tapi ya gitu,, mungkin nggak ya sampe habis umurku, aku berhasil khatam menjelajah alam Indonesia, secara Indonesia ini kan luas banget.

Menjelajah alam Indonesia. Mungkin nggak dapet semuanya?


Bisa jadi mungkin sih ya, kan sekarang teknologi sudah sedemikian berkembangnya. Apalagi ada penemuan bernama pesawat terbang. Belum lagi sekarang harga tiket pesawat sudah lebih terjangkau daripada dulu.

Menjelajah alam Indonesia lagi yuk!

Nah, kalo ngomongin pesawat, kalian suka pesen tiket pesawat pake apa? Kalo aku, di tahun 2018 ini pilih pake Pegipegi(dot)com, terutama kalo pesen tiket pesawat untuk pergi ke tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Pegipegi ini suka banget ngasih promo. Ini penting banget untuk aku yang anaknya suka banding-bandingin harga tiket.

Pesen tiket pesawat di Pegipegi ini gampang banget. Tinggal pilih rute penerbangan, boleh isi sekali jalan, atau pulang pergi sekalian. Trus klik deh 'pesan tiket'. Ntar ada banyak pilihan penerbangan dari rute yang udah dipilih. Seringnya aku dapat pilihan dengan harga flight paling murah di bagian atas. enak banget kan untuk traveller on budget macam aku.

Di bagian pembayaran, Pegipegi punya berbagai alternatif cara pembayaran, mau bayar pake kartu debit, kartu kredit, transfer, dicicil, atau lewat minimarket. Bisa semuaaa. Ini pas banget buat aku yang suka mood-moodan, kadang pengen bayar pake kartu, kadang pengen bayar lewat minimarket.

Website andalanku buat pesen tiket pesawat

Kalo semua udah beres, aku dikirim e-tiket lewat email. Waktu pengiriman tiket setelah aku melakukan pembayaran di Pegipegi ini nggak lebih dari 60 menit lho. Cepet banget kan.

Oh iya,, kalo misal aku lagi belum punya jadwal pasti, aku bisa lho ngintip harga tiket pesawat yang murah di hari apa dengan pake aplikasi Pegipegi lewat smartphone. Sangat cocok buat traveller on budget, yang nggak mau rugi dengan pilih tiket termurah. Wkwkwkwk.

Ya kan,, kalo bisa dapet murah, sisa uangnya bisa ditabung lagi untuk trip berikutnya. Aku bisa menjelajah lebih banyak tempat wisata, terutama tempat wisata di Indonesia yang buanyak banget ini. Kalo ka setuju nggak sama aku?

- Dinilint -

34 komentar:

  1. Aku pernah ikut sekali river tubing, fun banget, apalagi kalau pas ketemu arus deras, menantang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuuu.
      Aku juga suka arus deras, dan jeram yang banyak. Wkwkwk

      Hapus
  2. baru tau di magelang ada tempat secantik ini...jadi pengen kesana ikutan river tubing...

    BalasHapus
  3. Setuju, safety first. Saya lihat disini perlengkapannya termasuk akan. Suka gimana gitu kalau lihat river tubing, tapi pengelolanya tidak menyediakan perlengkapan yang komplit. Anak saya udah beberapa kali ikut river tubing. Saya belum pernah. Takut sama air dingin hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak,, perlengkapannya komplit dan aman.

      Cobalah mbak,, ntar ketagihan lho.

      Hapus
  4. Wah mantaaab...langsung dicatet deh nih. Apalagi pesan akomodasi makin mudah dg PegiPegi ya.. Joss..

    BalasHapus
  5. Waaah...kirain beneran di Bali, hihi. Tapi seru loh tubing itu. Aku pernah tubing sampe jungkir balik karena arusnya lumayan deres. Tapi seruu, seneng meskipun dengkul biru2 kepentok batu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,,, ati-ati mbak Ika.
      Tapi biarpun jungkir balik, tetep mau lagi kannnn

      Hapus
  6. Little ubud magelang itu bagus ya, dan pengen nyobain river tubing juga nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa,,
      Yg di deket2 Jakarta juga banyak lho mbak

      Hapus
  7. Betul banget, safety first, banyak tempat semacam ini yang hanya bikin kegiatan tapi keselamatan terabaikan hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes!
      Kitanya yang kudu pinter-pinter pilih operator yang mengutamakan keselamatan mbak

      Hapus
  8. Tubing ini adalah olahraga air yang paling aku sukai haha. Terakhir di Yogya tubing dalam goa, seruuuu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya,, Jogja banyak goa yang bisa dipake buat river tubing, aku juga suka main ke situ.

      Hapus
  9. Have fun bangeeetttt hahaha. Saya pernah 9 km rafting juga nggak puas, maunya lagi dan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,, nggak berasa kan ya? Tahun-tahu udah selesai

      Hapus
  10. uda dari kapan aku pengen banget river tubing tapi sayangnya ga pernah bisa ikutan, hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berangkat aja sama keluarga mbak.
      Ini aku juga rencana dadakan kok sama temen-temen,, cuma ber-6 termasuk anaknya temenku 2

      Hapus
  11. Aku belum pernah nyobain kakak.
    Ada minimal usia ga sih buat ikut ginian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemaren sama anak temen mbak, umurnya 7 tahun. Aman tuh. Si adek pake ban yang ukurannya lebih kecil yang sesuai dengan badannya. Ada si mas yang bertugas awasin kita-kita di depan dan belakang.

      Hapus
  12. Saya juga suka river Tubing ! Sensasi nail ban lalu mengikuti derasnya air sungai itu seru pisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa,, badan leyeh-leyeh naik ban, ngikut arus aja. Nggak pake energi blas, kecuali kalo nyungslep. Heheh

      Hapus
  13. sumpah keren banget ini river tubing di little ubud, bisa buat agenda outbound bareng temen kantor juga

    BalasHapus
  14. Wuihhh asik banget nih kayaknya, dari dulu pengen cobain permainan gini nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh,, belum nyoba mas? Ayo cobain!

      Hapus
  15. Jadi inget dulu arung jeram di Magelang...masih suka deg2an kalo liat air deres gitu mah..Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo arung jeram emang arusnya lebih deres masbro,, kalo river tubing, arusnya nggak sederes arung jeram, dan sungainya lebih kecil. Enak wes to

      Hapus
  16. Sepertinya seru. Tapi aku masih suka takut untuk aktivitas di sungai. Arum jeram, river tubing, body rafting, baru sebatas pengen tapi ragu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurutku yang paling santai ya rier tubing mbak,, tinggal duduk di ban ngikutin arus air sungai. Coba yang paling santai dulu mbak

      Hapus

Thank you for reading and leaving comment :)