Sabtu, 15 Desember 2018

Liburan ke Pulau Tidung

Akhir tahun biasanya diikuti dengan menikmati kenangan. Nggak cuma kenangan tentang apa yang sudah terjadi sepanjang tahun itu aja, kadang kenangan dari tahun-tahun sebelumnya pun ikut muncul dalam ingatan. Ini yang terjadi pada aku, mungkin sama dengan kamu, atau mungkin berbeda.


Ketika aku kembali mengenang apa yang sudah aku lakukan sepanjang tahun ini, membuka-buka lagi foto-foto lama, dan menyusuri kenangan satu per satu, aku juga menemukan satu kenangan yang muncul dari tahun 2010 silam.

Jalan-jalan ke Pulau Tidung, di Kepulauan Seribu, menjadi salah satu momen penutup tahun yang tak terlupakan, tak hanya saat itu namun juga sekarang. Perjalananku bersama teman-teman ke Pulau Tidung sangat menyenangkan. Kami naik sepeda untuk keliling pulau, snorkeling, main banana boat, nongkrong di Jembatan Cinta Pulau Tidung yang super terkenal itu, ngejar sunset di Saung Tanjung Barat, makan barbeque bareng di depan penginapan, dan bergosip dan berangan-angan di pulau.


Waktu itu salah satu dari kami mengatur semua perjalanan seru ke Pulau Tidung itu secara mandiri. Aku ingat bagaimana temanku mengatur perjalanan ke Pulau Tidung dan segala macam keribetannya.


Apa yang perlu disiapkan untuk liburan mandiri ke Pulau Tidung?
  • cari tahu jadwal perahu yang berangkat dari Jakarta ke Pulau Tidung dan sebaliknya, 
  • berapa biaya kapal untuk menyebrang ke Pulau Tidung, 
  • cari penginapan dengan harga paling bersahabat dan tentunya bisa memenuhi kebutuhan semua anggota geng akan penginapan yang layak, 
  • cari tahu aktivitas apa yang bisa dilakukan selama di Pulau Tidung, termasuk gimana cara sewa peralatannya,
  • cari tahu ada yang jual makanan nggak di pulau, apakah sepanjang waktu atau di waktu tertentu aja.

Keribetan mencari informasi satu persatu, mengatur pemesanan tiket dan penginapan, mencari rental sepeda di pulau, dan mencari sewa kapal dan perlengkapan untuk snorkeling di Pulau Tidung terbayar dengan kenangan tak terlupakan yang masih bisa aku ingat dengan jelas hingga sekarang. Emang bener kalo kata orang 

the only thing you buy that makes you richer is travelling.


Mengingat keriaan jalan-jalan ke Pulau Tidung di masa lalu, rasanya aku ingin mengulang hal yang sama tahun depan. Tentu saja aku ingin mengulang jalan-jalan ke Pulau Tidung bareng teman-teman. Pasti bakal seru, ya kan? Apalagi sekarang kami sudah sangat jarang berkumpul bareng.


Tapi di sisi lain, akan sangat sulit untuk menentukan tanggal kapan kami bisa travelling bareng lagi. Baru nentuin waktu aja udah bingung, gimana dengan printilan soal cek waktu dan harga penyebrangan dari Jakarta ke Pulau Tidung, menentukan nginep di mana, bagaimana aktivitas di Pulau Tidung. FYI, teman-temanku rata-rata sudah berkeluarga dan beranak-pinak.

Pasti mengatur perjalanan ketika kami semua masih single dan saat hampir semuanya sudah berkeluarga beda tingkat keribetannya.

Tapi hey, sekarang kan udah tahun 2018 dan bentar lagi udah jadi 2019. Printilan-printilan sewa kapal, sewa alat snorkeling, sewa sepeda, cari penginapan, dan cari kapal untuk jalan-jalan wisata ke Pulau Tidung bisa dicari secara online.

Jaman now dan internet, liburan pun serba praktis


Maksudnya, aku tinggal duduk manis, klik sana, klik sini, dan voila, perjalanan wisataku bareng temen-temen bisa terlaksana. Iyaaa,, segampang itu.

Jadi gini, aku lagi cari informasi tentang transportasi dari Semarang ke Jakarta lewat Traveloka. Ternyata Traveloka nggak cuma jualan tiket aja. Sekarang Traveloka juga menyediakan paket wisata pulau Tidung

kebayang mau snorkeling di Pulau Tidung

Kalau kamu buka website atau aplikasi Traveloka, pilih aja menu Attractions & Activities (Aktivitas & Rekreasi). Ketik 'Pulau Tidung' di kolom pencarian. Nah, aku dapet Tidung Island at Thousand Islands - 2D1N Tour. Di situ ada informasi lengkap tentang itinerary, ada nomor telpon yang bisa dihubungi, ada review dari pengguna sebelumnya, ada foto-foto, dan hal-hal penting lainnya.

kebayang bakal main ke Tidung kecil

Intinya sih kita tinggal klik, bayar, dan konfirmasi tentang tur tersebut. Harganya juga masih masuk akal dan terjangkau banget. Tanggalnya juga bisa kita sesuaikan dengan kapan bisanya kita. Wah, ini sih seru banget.



Pembayarannya juga sama seperti kalo pesen tiket di Traveloka. Kalian udah tahu dong pasti. Aku mau atur waktu dulu sama temen-temen supaya bisa cepet-cepet pesen paket wisata pulau tidung di Traveloka. Tahun depan bakalan seru banget nih.

Terima kasih udah baca :)
Dinilint

6 komentar:

  1. Betul ya, zaman sekarang ini kalau mau liburan bareng teman-teman yang udah biasa jalan bareng, yang paling susah itu nentuin waktu bersamanya. Pun, cuma untuk nongkrong di pinggir pantai nungguin sunset. Btw Pulau Tidung ini salah satu pulau impian saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaaa. Kadang udah ketemu waktunya, bisa aja pas di hari H ada hal mendadak yg bikin acara jalan2 gagal.
      Mbak, deket Ende jg banyak pulau2 cakep, sayang belum semudah piknik ke Pulau Tidung, bisa tinggal klik klik, harga terjangkau, duduk manis, piknik. Hehe

      Hapus
  2. Setuju, travelling itu bikin kita kaya!! kaya pengalaman, kaya teman, kaya kenangan...oiya kaya hati...orang yang terbiasa melakukan perjalanan biasanya jadi orang yang lebih bijak dan menghargai apapun :D

    BalasHapus
  3. Aishhh...bakalan makin seru dong, Mbak, kalo travellingnya nambah personil. Tambah suami dan anak2 dari temen. Bakalan jadi pengalaman berharga.

    BalasHapus
  4. penasraan banget aky sama tidung.. banyak yang pamer gitu temen2 ku kemesraan pulau tidurng

    BalasHapus
  5. Belum pernah ke Tidung dan kawan-kawannya euy, nanti nunggu cuaca cerah ahhh..

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)