Rabu, 30 Januari 2019

Hokben, Japanese Fast Food Resto Asli Indonesia

Siapa sih yang nggak kenal Hokben
Fast food yang menyajikan makanan ala Jepang ini dulunya bernama Hoka Hoka Bento. Kalo lihat gambar dua anak cowok cewek yang sedang tersenyum berwarna kuning pasti inget dong dengan makanan Jepang favorit yang disajikan secara cepat tapi enak dan hangat.


Hokben seakan menjadi comfort food bagi sebagian besar orang. Kalo ditanya, pasti hampir semua orang suka kan makanan Hokben. Buktinya, resto Hokben menjamur di mana-mana dan selalu ramai. Saat ini ada sekitar 150 gerai Hokben di Jawa dan Bali lho.

Yang paling aku inget, kalo lagi ke stasiun dan bingung mau makan apa, selalu ada pilihan makan Hokben. Gerai Hokben ini suka nongol di stasiun-stasiun favorit dan menu makan di Hokben yang jelas rasanya dan praktis makannya selalu bisa jadi jawaban kegundahan "Makan apa?" kalo lagi travelling kan.


Resto asli Indonesia dengan menu makanan Jepang




Eh, kalian udah pada tahu kan kalo Hokben itu asli dari Indonesia, meskipun menu yang dijual adalah menu Jepang. Bahkan beberapa menunya adalah menu asli ciptaan chef Hokben. Menu seperti Ekado dan Tori no Teba itu menu yang dikembangkan di Indonesia oleh chef Indonesia dan hak patennya dimiliki oleh perusahaan asli Indonesia, yaitu Hokben. Keren ya.


Hokben sendiri pertama kali berdiri pada tanggal 18 April 1985 di bawah lisensi PT Eka Bogainti. Restoran pertamanya ada di Kebon Kacang Jakarta. Di tahun 1990 Hokben membuka cabang pertamanya di Bandung. Tahun 2005 punya gerai lagi di Surabaya.

Nggak cuma restoran yang menyediakan makanan untuk dine in dan take away, Hokben mulai meluncurkan layanan delivery untuk yang mager sejak tahun 2007. Telpon aja ke 1-500-505. Di tahun 2008 mulai diluncurkan website Hokben untuk pesan online. Di tahun yang sama ada paket khusus anak-anak bernama Kidzu Bento. 

Jelas halal


Hokben juga udah punya sertifikat halal sejak tahun 2008 dan bertahan hingga sekarang. Karena dapat nila A terus menerus selama 3 kali, Hokben pun sekarang punya sertifikasi sistem halal. Jadi halal-nya Hokben ini sampe ke sistemnya, semua hal yang mendukung makanan yang disajikan di Hokben terjamin halal.

Nggak cuma untuk makan besar, Hokben juga punya cafe yang disebut sebagai Hocafe. Sayangnya Hocafe ini baru tersedia di Jakarta aja. Duh, penasaran juga nih dengan konsep Hocafe-nya Hokben.

Hokben community pattern



Tiap tahun Hokben juga punya souvenir-souvenir unik khas Jepang. Misalnya di tahun 2019 ini, Hokben punya kalender yang punya desain cantik banget. Tiap bulan ada informasi tentang culture Jepang lengkap dengan gambar cat air yang indah.


Kalo diperhatikan baik-baik, Hokben punya corak khusus berwarna kuning. Ternyata motif itu nggak sembarangan dan ada artinya lho. Hokben community pattern adalah nama motif yang selalu ada di Hokben, di interior resto, di gelas ocha, di bungkus bento, juga di souvenir.

Hokben Majapahit Semarang



Di Semarang, Hokben punya 3 gerai; di Mal Ciputra, di Paragon Mal, dan di Jalan Majapahit ini. Nggak seperti 2 gerai sebelumnya yang berada di dalam mal, gerai Hokben Majapahit Semarang ini punya bangunan sendiri.



Hokben Majapahit Semarang punya keistimewaan yang nggak dimiliki 2 gerai Hokben yang lain:
  • layanan 24 jam
  • layanan drive thru
  • private meeting room

Selain itu, Hokben Majapahit yang terdiri dari 2 lantai dan mampu menampung hingga 160 kursi ini juga punya layanan untuk pesta ultah, musholla, parkiran yang super luas dan enak banget (luas lahannya sendiri hingga 1000 m2), delivery di 1-500-505 & ojek online, dan pastinya layanan dine in, take away, dan large order.

happy customer

Sebagai pelanggan Hokben, kehadiran gerai baru yang buka 24 jam tentu saja menyenangkan. Layanan drive thru-nya Hokben ini juga asik banget. Kadang suka males kan mesti parkir dulu, berdiri dan ngantri di dalam resto.

Salah satu yang bikin bangga dengan Hokben ya karena Japanese fast food resto ini asli merk Indonesia dan terus berkembang aja makin hari. Semoga temen-temen yang tinggal di luar area Jawa dan Bali juga bisa menikmati asiknya layanan Hokben. 

Nyobain gerai Hokben Majapahit Semarang bareng komunitas Gandjel Rel

Keep the good work, Hokben!

Terima kasih udah baca cerita tentang Hokben, Japanses fast food resto asli Indonesia :)
-Dinilint-

5 komentar:

  1. Kalo hocafe di Jakarta dimana nya ka?jd Pengan kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Foras,
      Hocafe ini ada di Jakarta dan Bogor, di Hokben PIM 2, Hokben Plaza Festival, Hokben Supermall Karawaci, dan Hokben Bogor Padjajaran.
      Untuk lengkapnya bisa cek website-nya Hokben ya di hokben(dot)co(dot)id

      Hapus
  2. Suka juga daku ke hokben karena makanannya enak, dan nyari nya nggak susah apalagi kalau pas ke mall hihi

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)