Kamis, 21 Februari 2019

Ngopi di Mesa Stila Magelang

Siapa sih yang nggak tahu Mesa Stila, resort bergaya Jawa yang adem di daerah Losari, Magelang. Orang-orang yang menginap di Mesa Stila biasanya emang nyari ketenangan dan suasana desa yang adem ayem. Resortnya sendiri cuma terdiri dari beberapa vila. Salah satu keistimewaan Mesa Stila adalah lokasinya yang lumayan strategis dan nggak mblusuk banget, cuma butuh 1 jam dari bandara terdekat yang ada di Jogja. 


Mesa Stila juga dikenal dengan kopinya yang enak. Berhubung punya lahan super luas, Mesa Stila bisa punya perkebunan kopi sendiri. Kopi racikannya terkenal enak.

Kalo mau nyobain kopinya tapi nggak nginep emang bisa? 

Iya sih, biasanya resort macam begini menjunjung tinggi eksklusifitas. Cuma tamu menginap yang bisa masuk ke area resort. Masuk aja nggak boleh, gimana bisa ngopi dong.

Atas nama penasaran, langsung dateng ke Mesa Stila cuma buat ngopi. Bisa!

Aku berangkat dari Semarang ke arah Magelang. Kalo dari Semarang, aku cukup belok ke kiri. Jalannya bagus, tapi cenderung sempit. Atmosfer pedesaan udah langsung terasa dari pertigaan tadi. 

Terus lurus ngikutin jalan, ntar ketemu tanah lapang luas yang jadi parkiran di kiri jalan. Pak satpam langsung menyambut dengan sumringah. Lokasi Mesa Stila sendiri ada di seberang jalan. Ada gapura besar di muka.


Lobinya Mesa Stila ini dulunya stasiun kereta api, namanya Stasiun Mayong. Sebenernya lokasi Stasiun Mayong sendiri nggak di lobi Mesa Stila yang sekarang. Tapi karena pada saat itu bangunan Stasiun Mayong yang dibuat dari kayu jati solid ini menghalangi pembangunan jalan dan akan dibuang, bangunan ini diselamatkan dan dipakai oleh Mesa Stila untuk menyambut setiap tamu yang datang ke Mesa Stila, termasuk kami.


Meskipun cuma ngopi, kami tetep main ke meja resepsionis dan melapor. Petugas mengantar kami ke bagian resto tempat kami bisa ngopi. Sebelumnya kami minta ijin untuk jalan-jalan dulu di sekitar resort dan foto-foto.


Meskipun resort Mesa Stila bergaya sangat Jawa dengan dominasi warna kayu jati yang gelap dan suasana desa yang penuh dengan pepohonan tinggi, tapi di bagian joglo malah penuh warna. Kursi-kursi bergaya klasik dipadu dengan warna-warna cerah yang cantik dan memberi suasana ceria.


Di sebelah ruang besar yang aku sebut joglo, ada gallery yang menjual berbagai macam kerajinan khas Jawa. Tentu saja aku langsung tertarik dengan batik-batik cantik yang dipamerkan di sini. Ada juga berbagai macam souvenir khas, dan ada juga biji kopi baik yang sudah disangrai maupun yang sudah digiling.


Tempat minum kopi di Mesa Stila adalah di resto. Resto ini bergaya bangunan joglo yang nggak butuh AC. Udara Magelang udah seger dan adem. Di kejauhan aku bisa melihat gunung, tapi entah itu gunung apa.


Kopinya sendiri seger, enak, dan ringan. Buat aku, minum kopi di Mesa Stila mirip minum jus. Legitnya pas. Aku milih minum kopi tubruk. Penyajiannya juga bukan cuma kopi dalam gelas aja, tapi dibuat sedemikian rupa yang kamu bisa lihat sendiri gambarnya. Rasa pahit kopi dan manisnya kue jadi padanan yang pas. Aku bahkan juga ngletus, eh apa sih bahasa Indonesianya, menggigit biji kopi sebagai camilan. Enak!


Harga kopi di Mesa Stila hampir sama dengan harga kopi di gerai kopi paling laris di seluruh dunia yang selalu ada di mana aja. Tahu kan yang aku maksud. Tapi dengan harga segitu, dengan pengalaman ngopi dan lokasi yang super premium, jelas sangat worth it!


Nah, kalo tamu menginap terganggu dengan tamu ngopi gimana? Jelas Mesa Stila ini resort bintang, jadi ada batas tertentu untuk tamu yang cuma mampir minum kopi aja. Kami cuma boleh menjelajah sampe batas tertentu. Yang jelas, kami nggak bisa nyampe ke kolam renang, apalagi sampe kamar, eh vila.


Ada cara lain untuk menikmati Mesa Stila selain menginap atau mampir ngopi. Mesa Stila punya tur ke kebun kopi, atau tur bersepeda, tentunya di area Mesa Stila. Untuk harga dan detailnya, boleh ditanyain sendiri ya ke pihak Mesa Stila, aku belum pernah juga soalnya.

Kalo ada kesempatan, jelas aku mau lagi ngopi di Mesa Stila. Ikutan tur kopi juga asik nih. Ada yang mau?


Makasih udah baca dan mampir ke www.dinilint.com :)

-Dinilint-

44 komentar:

  1. Aku nggak asing dengan bangunan ini, tapi belum pernah ke sana. Teman dulu pas lagi ada acara bareng Komunitas Rumah Tua kayaknya main ke sini.

    BalasHapus
  2. Suka sama foto sofa warnawarninya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sofa nya se asik penampakannya di foto mbak.

      Hapus
  3. Bisa jadi rekomendasi kalo pas ke sana ini. Hihihi.. thanks mbak. Jadi pingin jalan-jalan. 🤭

    BalasHapus
  4. Nginep di sini juga, gak? Malam hari di situ, "seru" lho plus bangunan tuanya yang bikin nuansa makin cihuy hihihi
    BTW tur kopinya emang keren. Belum lagi Pemandangannya bagus, udaranya seger banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak mbak.
      Ntar kapan-kapan cobain ah.

      Hapus
  5. Sepintas kyk rumah nenekku jaman dulu, homey bnget tempatnya. Ajakin dong tur kopinya mbak hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak!
      Aku juga belum ikutan yang tur kopi nih.

      Hapus
  6. Serasa berada di zaman doeloe ya. Furniture nya kelihatan mahal nih, seperti bersejarah. Mesa Stilla, nama yg unik. Wah, ga bisa berenang dunk ya. Padahal aku hobi nyebur2an. Minum kopinya aja deh kalau begitu hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa berenang mbak,, kalo nginep di sana.
      Kalo ngopi ya cuma bisa ngintip doang.

      Hapus
  7. Mesa Stila, namanya kok kayak ada Spanyol-spanyolnya gitu ya?


    Terkadang yang buat kopi itu enak bukan rasanya, taoi nuansa dan dengan siapa kita menikmatinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dulu yang punya Messa Stila bukan orang Indonesia, jadi namanya ya gitu deh.

      ((dengan siapa menikmatinya)),,, cakep!

      Hapus
  8. Wah ternyata bisa masuk buat ngopi-ngopi ya walau nggak menginap, resortnya nampak nyaman dan tentram ya..

    BalasHapus
  9. Aku tertarik Mesa Stila ini. Pengen tour kopi. Selain namanya unik, pengalaman ngopi juga seru. Kalau nginep disini kena Berapa ya?

    BalasHapus
  10. Ngopi di mesastila akan dapat menguasai eksklusif dengan aroma Jawa yang kental ya mbak. Mahal nggak sih resortnya kalau nginep? Karena eksklusif pasti lah y. Menarik juga minum kopi sekalian ada tour kopinya. Kapan-kapan pengen juga lah mampir.

    BalasHapus
  11. Wah kalau ngopi dengan harga segitu tapi dapat pemandangan indah mah terasa murah ya kak, bonus me timenya menyenangkan 😊

    BalasHapus
  12. Aduh, mba Din, aku mupeng abis oingin ke Mesa Stila... Pertama Kali tau tempat ini dari mama aku yang pernah nginao di sana sama teman-teman sekolahnya dulu. Trus pernah liat juga video Mas Teguh Sudarisman lagi di sana. Fix-lah ini jadi satu wishlist-ku juga... :D Enak banget tempatnya... Minum kopi di sana dengan pemandangan kayak gitu bisa jadi pengalaman gak terlupakan ya mba...

    BalasHapus
  13. Oalaahhhh...di Jawa juga ada Losari tahh, baru tau ihhh
    TFS ya mbaa

    BalasHapus
  14. Aku pernah nginep beberapa hari di magelang dan aku kedinginan kwkkww jd mandi kalau siang dan itu pun gak pake lama cuma 2 menit kwwkwkw

    dan ini resortnya bikin balik ke magelanggggg 😍😍

    BalasHapus
  15. Diiin...aku baru tahu nih ada tempat keren begini. Fiuh, mainku kurang jauuuh...haha... Eh aku mau lah kalo diajakin tur kopi di Mesa Stila ini.. hehe..

    BalasHapus
  16. Kelihatan tenang banget tempatnya. Tetapi, emmang kayaknya enak kalau sekalian menginap di sana, ya :)

    BalasHapus
  17. Dari Semarang ke Mesa Stila naik apa ya? Bawa mobil sendiri kah? Enaknya yaaa sekalian nginep kali yah. Kagok cuma mampir ngopi doang. Btw...penyajian kopinya keren banget. Nyruputnya harus pelan-pelan tuh supaya nikmat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling enak sih pake mobil pribadi bu, atau sewa mobil.
      Dari jalan besar (yg jadi rute Smg-Jogja), sebenernya cuma masuk dikit ke Messa Stila, tp kalo jalan kaki ya lumayan. Kendaraan umum kurang tahu.
      Messa Stila ini sepertinya ada airport pick up untuk Jogja airport deh.
      Iya, kopinya asik banget. Menikmatinya mesti pelan2.

      Hapus
  18. Seruu nih, jadi seperti wisata kopi :)

    BalasHapus
  19. Wah! Ku pernah tinggal di Magelang tapi ngga tau nih tempat. Kece bangetttt! Pengen ke sana. Masukkin list dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sama kotanya agak jauh si bang. Ini di desa gitu lokasinya

      Hapus
  20. Kirain aku seluruh isi Mesa Stila dibuat sedesa mungkin, ternyata ada permainan warna juga di bangku itu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desa kan nggak melulu tidak berwarna kak ;D

      Hapus
  21. Tempatnya cozy dan asri.banget yak. Jd pengen main di sana hehe...

    BalasHapus
  22. Duhh mau aku kesini...ngopi oke..nginep juga boleh hahaha...ikut tur pun gapapa...tempatnya keren sih...

    BalasHapus
  23. Malah baru tahu banget dari postingan ini. Seru juga ya kalau sempat liburan ke sini benar-benar dapat suasana damai dan tenang. Ngebayangin duduk melamun di teras kamar sambil nyeruput kopi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Beda banget lah suasananya, terutama untuk orang kota

      Hapus
  24. Tempatnya asik banget ya ini, saya jadi ingin memasukan ini dalam list liburan nanti sepertinya.

    BalasHapus
  25. Dulu pertama kali tau Mesa Stila karena ngadain event trail run. Baru tau sekitar 2 tahun lalu kalo ternyata nama penginapan. ha2..

    BalasHapus
  26. Homy dan klasik banget suasananya mba Din. Btw penyajian kopinya berkelas banget. Saya suka saya suka.

    Oh ya mba, Mesa Stila itu artinya apa ya? Apa hanya sekedar nama doang? Epik menurutku.. Mesa Stila.

    BalasHapus
  27. Wah ternyata boleh ya sekadar ngopi?
    Suasananya apik ya mbak, kyk nostalgia masa lalu.
    Nuansanya jawa klasik tapi tetep kyk kekinian gtu buat berlibur :D

    BalasHapus
  28. Wah, kebayang nikmatnya ngopi sambil menikmati suasana asri messa stila. Tfs mb...

    BalasHapus
  29. Ngopi-ngopi dengan suasana yg nyaman dan asri begini sih bakalan betah. Nuansa jawanya dapet bgt

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)