Navigation Menu

Warung Sawah Lemah Ijo

Sekitar satu jam dari Semarang ada rumah makan dengan view sawah. Kalau biasanya rumah makan yang 'mewah' alias mepet sawah harga makanannya cenderung mahal karena mereka sengaja jual view mahal untuk orang kota yang haus lihat pemandangan alam, warung mewah ini harga menunya murah meriah.



Selain murah, makanannya enak sampai aku rela balik lagi.

Bulan Oktober lalu ibu ulang tahun dan minta diajak lihat 'ijo-ijo'. Setelah googling dan lihat review sana-sini, aku memilih untuk coba ke warung sawah Lemah Ijo. Lokasinya ada di sekitaran jalan lingkar Salatiga. 

Salatiga bisa ditempuh sekitar setengah jam dari Semarang melalui jalan tol Semarang - Salatiga. Karena lokasi warung sawah Lemah Ijo ada di sekitaran jalan lingkar Salatiga, yang artinya ada di daerah pinggiran Salatiga, jadi dari Semarang kami lewat tol sampai ke Bawen, kemudian lanjut ke arah Salatiga dan berbelok ke kanan ke jalan lingkar Salatiga.



Jalanan menuju Lemah Ijo udah mulus macam pantat bayi. Di satu titik, g-map mengarahkan kami untuk berbelok ke satu jalan desa. Meski jalan desa, jalannya sudah berupa jalan aspal yang mulus. Sayangnya lebar jalannya sempit, jadi misal mobil ketemu mobil papasan mesti pelan-pelan.



Pas belok ke jalan desa itu pemandangan udah mulai menyenangkan; di kanan kiri ada hamparan sawah super luas dan di kejauhan tampak jejeran gunung, lengkap dengan langit biru yang cerah. Jadi inget gambar pemandangan waktu SD.

Warung sawah Lemah Ijo sendiri lokasinya luas. Bangunannya terbuat dari bambu dan terdiri dari dua lantai. Di bagian depan ada taman dengan bunga-bunga cantik. Ada gazebo yang bisa dipakai untuk makan di area depan.



Kalau kami pilih makan di lantai atas. Alasannya, supaya kami dapat angle bagus untuk lihat pemandangan sawah, gunung, dan langit cerah. Pandangan berasa luas dan lega. Belum lagi udaranya seger khas udara desa yang minim polusi.



Di area sebelah ada jembatan yang terbuat dari bambu, menara pandang, dan ada saung yang bisa dipakai untuk menginap. Di kunjungan pertama aku sempat main ke jembatan sawah ini. Sayang karena udah lapuk, adekku sempet jatuh karena salah satu bambunya hancur saat dipijak. Di kunjungan kedua kami memilih untuk anteng di warung aja.



Pas ngulang datang lagi, jembatan sawah yang terbuat dari bambu nampak lagi diremajakan. Mungkin nanti di kunjungan selanjutnya aku bisa main lagi di jembatan sawah.

Untuk menu makanannya mereka jual makanan lokal. Beneran hasil lokal karena saat kami pesen singkong goreng, aku lihat si ibu beneran pergi ke sawah dan nyabut singkong dulu sebelum digoreng di dapurnya.



Semua menu yang dijual di Lemah Ijo enak. Kami udah nyicip mendoan, bakwan, nasi urap, olahan kangkung, dan menu favorit kami nasi goreng jagung.



Lemah Ijo juga jual kopi dengan pilihan biji arabica atau robusta dengan olahan tertentu. Kopinya bisa diseduh ala cafe atau dibikin kopi tubruk kaya di warung kopi.

Warung kopi yang jual kopi racik dengan view sawah begini juga pernah aku temui di jalan Bandungan-Temanggung. Aku pernah cerita di Warung Kopi Sawah. Kalau nemu tempat-tempat seru begini aku berasa nemu harta karun. Warung warga dengan view luar biasa.

Kalau kamu ada referensi warung-warung jenis begini, boleh dong aku dikasih tahu.

Dinilint

57 comments:

  1. Yaaa mba, sayangnya aku udh balik Jakarta. Kmrn itu padahal sempet 2 malam di Semarang, dan aku pusing tiap kali nyari makan :D. Bingung aja mau makan di mana, banyak kuliner Semarang ga cocok Ama lidahku.

    Yg mba tulis ini baguuuuus tapi view-nya. Selalu suka Ama restoran yg menjual view begini . Syukur2 rasany dan harga masih terjangkau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah,, kurang berjodoh sama tulisan ini berarti yaa. Next time mbak.

      Btw,pas di Semarang sempet nyoba Basilia nggak mbak? Resto ini letaknya di pusat kota semarang dan semua makanannya enak. Langganan aku dan teman-teman buat makan dan nongkrong berjam-jam saking nyamannya.

      Aku juga merasa banyak resto yang jual view sehingga harga menunya jadi mahal, tapi kadang makanannya rasanya biasa aja. Hahaha.

      Delete
  2. Pemandangannya juara banget, Kak Dini 😍
    Aku jadi pengin ke sana karena mata ini juga udah sepet dan rindu melihat yang hijau-hijau 😍. Lewat foto Kak Dini, setidaknya agak mengobati rinduku, so thank you! Hahahaha
    Makanannya juga fresh banget ya 😍 beneran baru petik sewaktu ada yang pesan dong wkwkwk super fresh ini namanya! Tapi kalau sewaktu pesan baru dipetik, apakah mempengaruhi waktu tunggu hingga makanan disajikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank God postinganku ada gunanya yaa.
      Iya kalo ke sana jangan pas laper banget. waktu memasaknya emang lebih lama dibanding resto biasa. Tapi buat aku ini adalah kesempatan untuk menikmati view juara dan merasakan udara bersih pedesaan. Hehe

      Delete
  3. Sekarang konsep rumah makan dibuat menyatu dengan alam ya mbak, misalnya warung makan lemah ijo ini yang dekat sawah, kesannya alami gitu.

    Bagus pemandangan nya, mana ada jembatan untuk main ke tengah sawah lagi. Cuma karena dari bambu harus agak hati hati karena kadang lapuk.

    Rumah makan mewah, mepet sawah.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sendiri dari dulu suka dengan konsep rumah makan alam begini mas. Cuma dulu kan konsep begini lebih populer di Bali, dengan harga makanan yang lumayan mahal yaa. Nah, sekarang orang-orang di desa yang paham dengan kebutuhan orang kota mulai memanfaatkan alamnya yang indah dengan membuat tempat nyaman untuk makan. Mereka juga menyediakan makanan khas orang desa yang enak.
      Mewah beneran emang.

      Delete
    2. Betul juga, disini juga ada rumah makan yang konsepnya agak mirip tapi bedanya di tengah kolam. Jadi kalo mau makan itu lewati jembatan lalu di tengah kolam ada warungnya. Kolamnya banyak ikannya, jadi kalo ada yang pesan menu ikan tinggal ngambil.

      Delete
    3. Aku pernah juga makan di resto macam begini mas. Seru yak

      Delete
  4. indah pemandangannya....
    dan makanannya juga enak....mantap

    ReplyDelete
  5. walah.. sampai singkongnya dicabut langsung dari ladang.. mantaappp! ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih seger banget hidangannya, la gimana, nyabut dulu baru masak

      Delete
  6. Pemandangan sawahnya is trully "mewah"!
    Udah kebayang betapa adem matanya disuguhi pemandangan serba hijau begini plus tempe mendoan nan menggoda itu.

    ReplyDelete
  7. Waw, aku langsung sodorin gambar2nya nih ke suami hahahha :) Makanan ndeso masakan rumahan pedesaan enak banget nih. Murah meriah tapi makanannya ga murahan. Ada singkong segala uuuh...kudu dicoba ah kapan2. Alami banget ya melihat hamparan sawah nan luas gini makannya nambah terus dong wkwkwkwkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah salam untuk suaminya ya mbak.
      Emang betah di tempat begini,, sampe kekenyangan mbak. Ahahaha.

      Delete
  8. Suka bangeeet sama pemandangannya. Waah ini harus dicoba nih kalau pas pulkam. Harus disempetin ke sini. Tengkyu mbak Dini referensinya.

    ReplyDelete
  9. akk seru banget ibunya nyabut singkong dulu sebelum digoreng dan disuguhkan. Enak pula tempatnya. Wah, harus dicatet ini tempatnya ini, jadi kalau ke Semarang lagi bisa mampir :D

    ReplyDelete
  10. Wah Salatiga, kota kelahiranku.. Terima kasih infonya, Din.. kapsn2 pengen main ke sini juga ah. Nasi Goreng Jagunge ngawe-awe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak emang mbak nasgor jagungnya. Menu favoritku.

      Delete
  11. Wah beneran mewah ini Din, pemandangannya cantik amat..sekalian piknik tipis dan refreshing kalau makan di sini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Dew,, kalo butuh piknik sekarang ke sini aku

      Delete
  12. Wah, view sawahnya juara ya. Kangen banget aku mba liat yang ijo-ijo begini :D Iya bener banget biasanya yang resto seperti ini "ngejual" view juga jadi harganya malah mahal. Tapi ini harganya masih terjangkau ya. Pankapan kalau ke Semarang bisa nih jadi referensi. Cuma sejam aja ya dari Semarang... Trimsss ya Mba Dini :D

    ReplyDelete
  13. masyaAllah sejuknya Lintang. Bahagia banget bisa makan sambil memandang sawah yang ijonya bikin betah. Jadi kelingan di Jatiluwih, Tabanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah jadi inget wishlist ke Jatiluwih belum terlaksana nih Nyi

      Delete
  14. Makan dengan pemandangan ijo-ijo n nyegerin gini bisa-bisa makannya nambah mulu nih. Ngebayangin kalo sore sambil mandang langit senja trus minum kopi n nyemil singkong rebus..duuhh pingiinnnn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah asyik yaaa.
      Tapi aku tiap ke sini nggak sampe senja mbak. Siang menjelang sore aja. Sebelum gelap udah balik. Udah kenyang. Hehe.

      Delete
  15. Makanan dengan view sawah dan harganya yang murah, sebuah kombinasi yang jarang sekali terjadi :)
    Kalau lagi ijo sih view sawahnya bakal kece nih. Tapi kalau lagi botak alias baru tana,, apakah Lemah Ijo ini tetap ramai dikunjungi?
    Duh, pengen banget ngerasain makan di sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah masalahnya meski view sawah lagi ijo atau lagi botak (kebetulan aku datang di dua saat ini), pengunjungnya tetep sepi. Aku datang sekitar jam 2, jam 3 gitu. Kata ibunya yang jaga, ramenya di jam malam, yang datang warga lokal.
      Nah kalo warlok dan malam kan mereka nggak butuh view sawah juga kan yaa.
      Yang butuh lihat sawah sih orang kota.

      Delete
  16. Waah enaknya mbak lihat yang ijo-ijo ya 😍
    Jadi pengen mampir kalau besok main ke Salatiga.. padahal dulu sempat ke Salatiga tapi ngga kemana-mana, cuman ke rumah saudara hehe.
    Terima kasih mbak reviewnya! spot wajib dikunjungi ini apalagi murah-murah makananya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Have fun ya kalo ke Salatiga. Semoga bisa mampir ke sini.

      Delete
  17. Pemandangannya memang juara banget! Hamparan sawah alami, bentang pegunungan, dalam satu bingkai. Di jogja juga lagi marak tempat-tempat makan murah meriah pinggir sawah kayak gini. Yang lagi hits adalah Kopi Ampirono di Kulonprogo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku awal kenal konsep tempat makan dengan view alam begini di Bali. View alam dengan tempat makan nyaman, tapi harganya harga bule. Beuh.
      Sekarang udah mulai banyak yang bikin konsep begini. Kalo di jawa tengah biasanya harganya terjangkau. Menyenangkan.
      Aku lihat gambarnya kopi ampirono, menarik juga. Tapi lihat di image penelusuran yahoo kelihatan hits banget alias rame, ntar aja ah ke sananya kalo udah turun pamornya. Wkwkwkwk.

      Delete
  18. Beneran bagus banget ini viewnya. Ajak juga dong aku liat yang ijo ijo. Kangen ijo ijo nih :)

    ReplyDelete
  19. suka sama begini begini
    jauh banget ya ke semarang, next kalau main ke semarang bisa dicoba mampir kesini ya. liat yang ijo ijo begini bikin segerrr
    apalagi kalau harga makanannya murah meriah, plus ajak keluarga besar, waduhh betah dan rame pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga makanan murah emang asik yaa,, apalagi kalo ajak keluarga besar kan boncos kannn. Ahaha

      Delete
  20. Jalan desanya lupa yaa...? Padahal aku sudah membayangkan ke sana, eh tapi malah jalan desanya lupa..hahhahaha

    Pemandangan sawahnya asyik. kemudian aku lupa daerah sekitar semarang yang punya konsep seperti ini dimana yaa. seingatku ada beberapa, tapi benar-benar lupa kalau pas begini :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lewat jalan lingkar Salatiga Vai,, trus belok belok antara kanan kiri. Ahahaha.

      Coba pulang dulu, kayaknya inget tuh kalo udah pulang.

      Delete
  21. Duh duh duuuhhh bagusssss... bikin ngiler aja nih mba ahahahah. Pemandangannya juga ijo banget sodara2, bebas dari polusi. Keknya enak nih ke sana :'v.

    "Jalanan menuju Lemah Ijo udah mulus macam pantat bayi."
    Duh receh banget w, gini aja ketawa :').

    Anyway, salam kenal ya mba :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaaaakkkk! Beneran seger dan menyenangkan khas desa di kaki gunung gitu. Adem.

      Yang mutlak mulus kan emang pantat bayi kan.

      Salam kenal Dije!

      Delete
  22. ini kalau sawahnya lagi menguning pasti lebih cakep lagi karena biasanya ada gradasi warnanya.. tapi kalau lagi kosong melompong habis panen atau baru tanam kayanya kurang yaa hehe..

    makanannya bener2 lokal abis yaa.. rasa2 seperti petani yang lagi istirahat di saungnya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, sawah di mana-mana emang kalo lagi menguning tampak menarik dan cakep yak.

      Kalau lihat sawah lagi nampak tanahnya doang, atau pas padinya baru ditanam juga menarik. Ini mengingatkan aku tentang proses. Buat makan aja prosesnya panjang, jadi kalo makan kudu dihabisin.

      Yes, saung petaninya mewah tapi. Soalnya gede dan makanannya ada yang masakin. Hehe

      Delete
  23. Haiii, mbak apa kabar nih..

    Nampaknya, hari ini konsep rumah makan yang langsung di alam terbuka seperti itu sudah mulai marak yaaaa.
    Pemandngan sawahnya cakep sekali, dengan makanan yg pasti masih fresh, melihat foto fotonya aja suka sekali.. Keren mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dodo, lama ya kita nggak saling colek. Kamu apa kabar?

      Aku senang dengan makin maraknya rumah makan berkonsep alam begini. Seger. Kalo marak, harganya kan bersaing, kualitas juga. Jadi pilihan untuk dapat yang terbaik lebih banyak.
      Yes, makanannya fresh dan enak.
      Makasih sudah datang.

      Delete
  24. Halo Mbak Dini, salam kenal 🤭

    Tempatnya bagus banget pemandangannya, pasti sejuk banget ya...

    Rame nggak Mbak tempatnya?

    Aksesnya kayaknya sih nggak terlalu sulit ya, walaupun jalannya sempit tapi udah alus nggak banyak berlubang..

    Asik juga pesen singkong goreng, singkongnya bener2 baru dicabut dari sawah 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Junot. Eh aku baiknya panggilnya apa ya?

      Yes, tempatnya sejuk karena lokasinya ada di kaki gunung.
      Dua apa tiga kali aku ke sana, sepi. Datangnya pas siang menjelang sore.

      Aksesnya gampang. Jalanan mulus. Cuma ya tipikal jalan desa, lebarnya terbatas, naik turun, dan banyak tikungan.

      Yes, paling enak emang makan makanan fresh yak.

      Delete
  25. Waaahhh cantik banget viewnya Mba :D
    Saya tinggal di tempat mewah juga Mba aka MEpet saWAH :D

    Tapi viewnya ga seindah ini, lengkap banget.
    Ada sawah, kebun, pepohonan, gunung.

    Beneran bikin mata jadi happy nih :D
    Apalagi kalau makanannya fresh banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, tinggal di deket sawah jaman sekarang itu tergolong hal yang beneran mewah lho mbak. Tiap hari bisa lihat ijo-ijo menghampar luas di balik pintu rumah.

      Kalo yang di Lemah Ijo ini emang ada bonus view gunung, pepohonan, dan sawahnya luas banget.

      Makanannya juga kok ya enak-enak. :D

      Delete
  26. ide kreatif....memanfaatkan ruang, sekaligus sawah yang hijau...
    saya suka dengan pemandangan sawah....luas dan hijau...enak dipandang.

    Thank you for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger ya mas lihat hamparan sawah. Nggak cuma saat menghijau, saat menguning juga menyenangkan liihatnya.

      Delete
  27. Sebagai anak yang hidup di kampung, lihat segala sawah dan isinya udah biasa. Rute joggingku saja lewat sawah ehehe. Tetapi tetap saja kalau lihat yang beginian di luar kampung selalu berdecak kagum. Di kampung ada beberapa warung pinggir sawah. Tetapi ya bener-bener warung kampung, bukan warung yang menjual suasana seperti ini. Menunya juga palingan bakso, mie ayam, gorengan ehehehe.

    Yang anak kampung penasaran liat gedung-gedung dan keramaian kota. Yang orang kota pusing lihat kendaaran dan harus membayar lebih untuk melihat suasana sawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget bisa jogging dengan rute sawah. Aku pengen lho ngerasain tinggal di tempat yang deket dengan rute jogging eksotis gini. Apalagi ada banyak warung sekitar sana. Jadi pas ngaso trus duduk di warung, makan gorengan. Kalo warung kampung kan gorengannya murah dan biasanya enak. Tambah es teh sekalian. :D

      Delete
  28. Wah pas banget ini, kapan-kapan kalo pas ke Ampel dari SMG, mampir ahhhhhh (^^)

    ReplyDelete

Thank you for reading and leaving comment :)