Navigation Menu

Basilia

Kalau kamu main ke Semarang, coba deh agendakan untuk makan atau sekedar merasakan vibes rumahan ala resto Basilia. Basilia ini resto langganan aku dan teman-teman. Tempatnya nyaman dengan aura rumahan, makanannya enak, dan lokasinya ada di pusat Kota Semarang.


Basilia jadi salah satu tempat favoritku di Semarang. Tiap ngumpul sama teman dan diskusi mau ke mana, pasti ujung-ujungnya jawab Basilia. Basilia adalah resto yang jual aneka jenis makanan, mulai dari makanan western, makanan Indonesia macam nasi goreng, juga menu kaya rempah semacam kari dan roti cane. Kalau malas makan berat, banyak snack semacam fish and chips, risol, french fries, chicken wings, dan favorit aku, aneka salad dengan sayuran organik yang segar.

Chicken Snitzel with Almond,
Mestinya ada french fries atau mashed potato, tapi aku pilih ganti ke salad.

Selain makanannya yang enak, aku juga suka dengan tempatnya yang nyaman. Basilia bertempat di salah satu bangunan tua sekitar 5 menit dari Simpang Lima Semarang. Interiornya ditata mirip rumah tinggal yang homy. Tiap ke sana berasa main ke rumah teman. Bahkan aku dan teman-teman punya sofa favorit tempat kami menghabiskan waktu bersama sambil mengunyah.





Basilia ini sebenarnya merupakan grup resto. Ada 3 tempat di bawah naungan Basilia Group; Basilia di Menteri Supeno, Massimo di S Parman, dan Talisman di Sultan Agung. Masing-masing resto ini punya menu dan vibes yang beda-beda. 

Kalau di Basilia menunya lebih variatif, mulai dari menu western seperti aneka olahan steak, salad, burger, soup, pizza, spaghetti, nasi goreng, nasi kari, aneka snack seperti yang sebut di atas, aneka jenis minuman dari sekedar es teh, kopi, jus, hingga bir ada di sini.

Kalo aku pilih choco crazy.
Minuman olahan coklat ini harganya nggak lebih dari Rp 15,000


Kalau di Massimo menunya lebih cenderung menu Italia dengan aneka pilihan varian pizza dan pasta. Untuk minuman ya standarnya ada teh, jus, juga ada bir. Massimo juga selalu bikin roti gandum dengan sordough spesial ala mereka di bawah nama brand Naturalia. Rotinya model roti ala eropa yang dibuat murni dengan tepung, sordough dengan aneka varian kacang-kacangan. 

Quiche untuk teman ngobrol

Untuk Talisman, spesialisasinya adalah di roasted chicken. Aku suka banget dengan menu geprek sehat ala roasted chicken-nya Talisman. Ayamnya nggak digoreng, tapi dipanggang. Sambelnya juara. Ada juga menu snack yang diberi nama butter chicken yang dicocol ke saus kuning yang enak banget itu.

Sejak pandemi, Talisman yang ada di Sultan Agung ditutup sementara dan semua menu Talisman disajikan di Massimo yang ada di S Parman.

Basilia, Massimo, dan Talisman punya interior yang beda tapi punya vibes ala rumahan yang bikin nyaman para customer. Aku dan teman-teman kadang suka lupa pulang kalo udah nongkrong kelamaan di sana. Asyiknya lagi, mereka nggak pernah ngusir kita. Wkwkwkwk. 



Seperti judulnya, tempat paling favorit aku ada di Basilia yang di Menteri Supeno. Lokasinya paling deket sama rumah aku dan ada di tengah kota. Kalau udah duduk di sofa Basilia kadang lupa pulang, yang ada malah ketiduran.


Makasih ya Basilia untuk tempat nongkrongnya yang menyenangkan. Jadi gengs, Basilia yok!

Dinilint

34 comments:

  1. Mau dong jadi Gengs Basilia, gimana cara daftarnya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main aja ke Basilia, trus colek aku. Bilang, "Aku lagi di Basilia. Mreneo."

      Delete
  2. Aku juga suka tempat makan kayak gini, menunya banyak dan bervariasi, interiornya adalah nilai plus. Sirkulasi udaranya bagus, cocok buat situasi pandemi gini.

    ReplyDelete
  3. Jadi Basilia ini restoran masakan apa kak? Kok aku jadi bingung. Ada kari dan roti canai. Terus ada burger juga. Terus nasi goreng ehehe. Kupikir klo vibes masakan rumah aku akan menemui soto, rawon, dkk-nya ehehe.

    Tapi bisa jadi referensi neh klo aku nanti ke Semarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya lebih ke masakan western. Kebanyakan menunya menu western sih, macam olahan daging, salad, pizza, pasta, dan sup. Tapi demi memenuhi kebutuhan orang Indonesia, ada juga menu lokal macam nasi goreng dan rice & co, semacam nasi dan lauknya, dan menu nasi kari, tapi bukan yang tipikal kari india atau kari jepang.
      Ya you know lah kak, orang Indonesia suka nggak kenyang kalo nggak makan nasi kan.

      Delete
  4. Aku suka banget sama tempat yang nuansanya homey gini, Kak Din 😍 lihatnya aja udah bikin nyaman dan kebayang bakal betah untuk berlama-lama di sana 🀭
    Menunya juga beragam bangett~ susah bosennya ini mah kalau main ke Basilia karena banyak pilihan menu makanannya πŸ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang Basilia ini jago kalo bikin suasana homey. Dia udah pindah tempat beberapa kali, tapi tetep vibes-nya bikin nyaman.

      Menu makanannya emang bikin balik lagi, nyobain menu yang lain.

      Delete
  5. Ke sini buat santai aja ahahahhaa, enakan buat bersantai dan menikmati waktu hahhhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kalo ke sini buat santai bang, buat makan, atau ngeteh, atau nambah gula pake choco crazy, trus sambil ngobrol berjamaah sama temen-temen.

      Delete
  6. lucu sekali tempatnya! menu-menunya juga terlihat enak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang beneran enak bang! Cobain ya kalo ada kesempatan ke Semarang.

      Delete
  7. Basilia ini tempat baru apa udah lama Mbak Din? Kok jaman saya kuliah, belum pernah denger nama tempat ini ya.. entah saya yang mainnya kurang jauh atau saya yang tempat nongkrongnya cuma sebatas warung kucingan :D

    Kalau dilihat dari tempatnya emang nyaman banget ya, nggak terlalu terang juga dalamnya jadi berasa adem, menu makannya juga harganya masih terjangkau banget.

    BAsilia ini tiap hari bisa ramai banget sampai tempat duduknya full nggak Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edo kuliah di mana?
      Basilia ini udah ada lama banget. Dulu lokasinya sempet di Java Mal, trus pindah ke Citraland Mal, trus ke daerah Sultan Agung yang sekarang jadi tempatnya Talisman, nah yang terakhir ke daerah Menteri Supeno ini.

      Harganya menurutku afordable. Ada paket makan siang juga di jam makan siang, lebih hemat.

      Nah asiknya Basilia, dia nggak model resto rame yang berisik. Justru cenderung sepi, jadi bikin suasana lebih nyaman. Ini menurut aku dan teman-temanku ya.

      Delete
    2. Saya dulu kuliah di IKIP Mbak, yang sekarang jadi UPGRIS..
      Berarti mungkin sayanya aja yang nggak ngeh ya, kadang suka ke Java Mall sama CL tapi nggak tau tempatnya.
      Btw, saya wisuda tahun 2013 sih :D

      Nanti kalau pas main ke Semarang lagi kayaknya layak dicoba ya ~

      Delete
    3. Ini yang kampusnya di jalan dr cipto? Apa yang kampusnya di daerah Sriwijaya?
      Kalo iya sebenernya deket sama lokasi Basilia.

      Kalo di Javamol udah lama banget, trus pindah ke CL. Pas di CL lokasinya di ruko-ruko yang di luar Mal.

      Kayaknya sering main ke Semarang yaa

      Delete
  8. nyaman tempatnya....
    posting informatif.... thank you for sharing

    ReplyDelete
  9. Aloha mbak Dini!

    Wah tempat makannya bukan serasa rumah lagi ini, udah kayak rumah sendiri, tinggal bawa pakaian aja langsung pindahan eh

    Duh keren banget si ya interior beginian. kalo di Pekanbaru, ada juga yang begini tapi "maksa", jadi pengen pulang aja bawaannya karna ga pas :))

    Detail banget reviewnya mbak, keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang mas,, kalo di sini aku dan teman-teman suka lupa pulang, la berasa udah di rumah. Ntar sadar kalo mbak dan mas-nya udah siap-siap nutup resto. Eh, udah lama banget nongkrongnya. Wkwkwkwk.

      Makasih ya mas udah baca. Kalo ke Semarang dan berencana main ke Basilia, boleh lah colek aku.

      Delete
  10. Tempatnya mirip di rumah ya mbak dini, tidak mirip di restoran atau warung makan. Brasilia bagus dan agak mudah lagi, tapi sayangnya jauh di Semarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang resto ini pakai rumah sebagai tempatnya, dan interior-nya dibikin homey. Dulu pernah juga bertempat di mal, interior-nya ya macam begini mas.

      Btw, namanya Basilia :P. Ya kalo ada rejeki ke Semarang, siapa tahu butuh referensi tempat makan kan mas.

      Delete
  11. Deket simpang lima? Berarti ga jauh dari Gumaya hotel yaa? Tau gitu aku datangin pas aku di Semarang :p.

    Aku suka nih restoran model rumahan beginiii, walopun menunya ga terlalu rumah, tapi suasana nya udh kliatan banget cozy kok :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak jauh mbak Fanny. Ya udah ke Semarang lagi. Coba cek ada hotel Nava One, siapa tahu Mbak Fanny cocok.

      Menunya menu rumahan ala western mbak. Emang yang punya ini suaminya bule dan dia terkesan dengan roti dan roasted chicken di Eropa.

      Delete
  12. Kalau deket habis baca ini langsung disamperin deh si Basilia, tempatnya homey banget.
    Terimakasih infonya ya Mbak Dini, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Pipit, salam kenal!
      Siapa tahu ada rejeki ke Semarang mbak, bisa lah masukin Basilia on the list.
      Terima kasih sudah main ke dinilint.com yaaa

      Delete
  13. Ternyata warga SMG hahahaha
    Asli SMG atau pindah ke sana?

    Ah Basilia, bikin kangen sama SMG aja, msh suka berbalas message sama yang punya Basilia kadang-kadang kalo empunya lagi pengen ngobrol hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dari TK pindah ke Semarang mas. Keterusaan deh sampe sekarang.

      Kalo pas main ke Basilia, kadang suka ketemu mbak Indri. Ngobrol-ngobrol gitu lah. Emang Mbak Indri tuh suka banget ngobrol dan temennya banyak.

      Delete
  14. Kalo pas ketemu Mbak Indri titip salam ya.
    Bilang aja dapet salam dari Didut, lucu aja kita saling kenalnya via kolom komen blog hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke siap.
      Ngeblog & blog walking ini emang seru yak,, kalo nggak ngeblog nggak ketemu Mas Didut nih aku.

      Delete
  15. tempatnya nyaman, kayak dirumah gitu. terus itu lantainya ada yang model keramik kuno berbunga bunga ya,, baguss buat foto hehehe, kalau aku disana palingan foto kaki sama lantai
    ternyata basilia juga punya sodara dan masing masing dari mereka punya ciri khas menunya ya. asik juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temenku juga ada yang suka foto kaki sama keramik lawas. Basilia emang hommy dan kebetulan menempati rumah lama sih, jadi ya makin bikin betah.
      Kapan-kapan ke sini Ainun.

      Delete
  16. Wah... asik ini, secara ada rencana pulang kampung lebaran ini ke semarang. Semoga tercapai dan bisa mampir di Basilia!.

    ReplyDelete

Thank you for reading and leaving comment :)