Navigation Menu

Tahu Serasi Bandungan Oom Shin

Kalau Jakarta punya Puncak, Bandung punya Lembang, dan Solo punya Tawangmangu, maka Semarang punya Bandungan. Kalau Puncak punya mamang-mamang vila dan jagung bakar, Lembang punya peuyeum, dan Tawangmangu punya sate landak, maka Bandungan punya tahu bandungan.



Tahu bandungan yang paling enak dan cuma ada di Bandungan lebih dikenal sebagai Tahu Serasi Bandungan. Sayangnya nama Tahu Serasi juga dipakai di beberapa pabrik tahu lainnya dan dijual di sepanjang jalan Bandungan.  Kalau mau tahu bandungan yang authentic dan rasanya pasti enak, coba Tahu Oom Shin Bandungan.

Bandungan dan Tahu Bandungan


Pergi ke Bandungan lalu makan tahu bandungan udah jadi ritual keluargaku sejak dulu, dan sepertinya juga jadi ritual banyak keluarga lain yang tinggal di Semarang. Dari dulu Bandungan selalu ramai didatangi orang Semarang karena akan udaranya yang sejuk, sayurannya yang segar dan tahu Bandungan yang legendaris.


Hanya dijual di situ


Tahu Oom Shin cuma bisa ditemukan di Bandungan karena dia nggak buka cabang di tempat lain. Lokasinya di jalan raya Bandungan-Sumowono. Tenang, udah tercantum Google map dan lokasinya gampang ditemukan. Tahu Oom Shin Bandungan buka tiap hari jam 09.00-18.00. Kalau stok tahu udah habis dia akan tutup lebih cepat.


Tahu favorit banyak orang


Tahu Oom Shin Bandungan nggak pernah sepi pengunjung. Meski di masa pandemi begini, tetep aja orang rela pergi jauh ke Bandungan untuk makan Tahu Bandungan Oom Shin ini. Tahu Oom Shin ini rasanya enak, gurih, dan rasanya tidak bisa ditemui pada merk tahu lain.


Antri dulu untuk pesan, bayar, baru makan

Suasana tempat makan di Tahu Oom Shin

Ruangan serba terbuka, bonus udara sejuk Bandungan


Tahu yang disajikan di Tahu Bandungan Oom Shin selalu baru. Sebenernya lokasi tempat makan tahu ini jadi satu dengan pabrik tahu. Kalau dilihat dari bentuk bangunannya sebelum renovasi, sepertinya emang awalnya Tahu Oom Shin ini pabrik tahu yang kemudian menyediakan tempat untuk makan tahu di tempat. Karena ruangannya serba terbuka, kita juga bisa lihat proses produksi tahu sembari makan tahu.


Tahu diolah di depan mata pengunjung

Proses pengolahan tahu


Tahu dan susu kedelai


Untuk makan di tempat menu yang disajikan cuma tahu goreng dan susu kedelai dengan pilihan rasa original, coklat, atau jahe. Kalau aku suka nambah pesen mi instan di warung depan pabrik tahu untuk kemudian dimakan bersama Tahu Bandungan Oom Shin.

Tahu goreng lengkap dengan cabe rawit dan kecap khas pabrik Tahu Oom shin Bandungan

Susu kedelai original dan coklat serta menu baru puding susu kedelai rasa jahe


Selain bisa makan di tempat, kamu juga bisa beli untuk dibawa pulang. Langgananku untuk dibawa pulang adalah tahu kuning, tahu putih, dan tahu muda. Tahu muda ini semacam olahan kedelai yang sudah diberi biang tahu tapi belum dicetak, jadi bentuknya mirip bubur. Tahu muda paling enak diolah lagi, mau dijadikan sup, diolah jadi rolade, atau sekedar dimasak bareng telur juga enak.




Tegelnya bagus, sayang kalo nggak difoto :P


Kalau kamu sedang ada di Semarang, sebaiknya coba nyicip Tahu Bandungan Oom Shin ini. Kalau males pergi sekitar 1-1,5 jam ke Bandungan, bisa juga makan aneka jenis tahu lain khas Semarang seperti tahu petis, tahu gimbal, atau tahu pong. Selamat menimati tahu.

Dinilint.

10 comments:

  1. wah, baru tahu ada tahu bandungan! duuhh.. keliatannya enak betuulll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaaak bang. Semoga suatu hari bisa ke Bandungan trus makan tahu ini ya.

      Delete
  2. Wuaa aku sebagai pencinta tahu penasaran sama Tahu bandungan ini 😆😆 Selama ini taunya klo Semarang yg tahu bakso bu pudji aja, yg aku suka bangeet 😁
    Ntr kapan2 mudah2an berkesempatan aku buat nyobaa 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dapat kesemapatan main ke Semarang yaa. Kalo ke Semarang boleh lho colek aku.

      Delete
  3. Sebagai pecinta tahu, aku sepertinya bakal datangin tempat ini kalo nanti ke Semarang lagiiiiii :D.

    Telat banget tau ttg ini.

    Kalo ga, pas Desember kemarin bakal aku datangin sih. Ga kebayang rasa tahunya kalo sampe terkenal gini. Aku jd inget tahu susu Lembang. Tapi pasti tahu Bandungan ini punya ciri khas juga dari rasa ya kaan. :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah tahu susu Lembang ini mirip dengan tahu susu yang marak dijual belakangan? Mungkinkan tahu susu yang lembut di dalam dan teksturnya seperti susu tapi gurih di luar merupakan imitasi dari tahu susu Lembang yang mbak Fanny maksud?

      Kalau iya, bener katamu mbak, tahu Bandungan punya tekstur bahkan rasa yang beda. Sepertinya tahu bandungan oom shin ini cenderung dikenal orang lokal semarang ya.

      Semoga suatu hari main ke semarang, trus melipir ke bandungan untuk nyoba tahu oom shin.

      Delete
  4. Tahu muda itu yang kayak gimana sih? Hahhahaha
    Aku malah gak paham blas. Tapi tahu adalah salah satu yang kusuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahu yang belum dibentuk. Mungkin istilahnya tahu setengah jalan. Bentuknya masih olahan kedelai yang ambyar, mirip bubur. Rasanya, enak kalo udah diolah.

      Delete
  5. Sering ke bandungan, tapi jarang ke sini..paling cuma lewat aja.
    Tahu serasi emang enak, bentuknya lebih padat.

    Bingung juga dengan istilah tahu muda. Tpi ternyata udah dijelaskan di atas..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu ke Bandungan ngapain Vai?
      Ya kalo aku agenda wajibnya makan tahu Oom Shin ini sih. Malahan sekarang judulnya bukan main ke Bandungan, tapi makan tahu Oom Shin di Bandungan. Huehuehue.

      Tahu muda tuh emang cuma aku temukan di Tahu Oom Shin. Semacam tahu yang belum dicetak. Mungkin karena belum melewati semua proses per-tahu-an, jadi disebut tahu muda.

      Delete

Thank you for reading and leaving comment :)