Navigation Menu

Resep Membuat Kastangel Enak dan Mudah

Kastangel, kue dengan rasa keju yang selalu muncul saat lebaran pasti jadi favorit banyak orang. Kamu juga kan?


Sayang kalo udah lewat masa lebaran begini agak susah cari kastangel. Berhubung aku udah kangen makan kastengel, jadilah coba-coba bikin kastengel sendiri di rumah. Bahannya gampang ditemukan. Selain bisa cari di toko kue deket rumah, bisa juga dapet di Toko Wahab.

Toko Wahab ini jualan berbagai macam pilihan keju, termasuk keju sebagai bahan untuk kastangel. Selain keju, kamu bisa juga bisa menemukan berbagai bahan lainnya seperti coklat ditambah dengan tepung dan berbagai bahan topping.

Yap, kastengel dengan toping coklat seru juga lho.

Btw, di post kali ini aku sengaja tulis resep kastengel. Jadi aku punya catatan, sekaligus bisa berbagi sama kamu tentang resep kastengel enak dan murah. Win win solution bukan.

Bahan-bahan untuk buat kastengel


Untuk membuat kastangel, kamu perlu menyiapkan bahan utama dan bahan yang digunakan sebagai olesan dan taburan. 

Bahan utama


Bahan utama yang perlu disiapkan untuk membuat kastangel adalah:
  • Siapkan 300 gram mentega berkualitas.
  • Siapkan 350 gram terigu yang mempunyai protein sedang.
  • Siapkan 50 gram maizena.
  • Siapkan 2 sdm susu bubuk.
  • Siapkan 100 gram keju edam parut.
  • Siapkan 100 gram keju parmesan parut.


Bahan olesan dan taburan


Selain bahan utama tersebut, kamu juga perlu menyediakan bahan olesan dan taburan. 

  • kuning telur yang dikocok lepas sebelumnya. 
          Sisihkan putih telur dan gunakan hanya bagian kuning telur sebagai hiasan. 
  • untuk taburan atau topping yang digunakan adalah keju cheddar yang diparut. 
          Ada banyak jenis keju cheddar, pilih sesuai kebutuhan.

Langkah-langkah membuat kastangel


Setelah menyiapkan berbagai bahan di atas, langkah selanjutnya adalah membuat kastangel dengan mengikuti cara membuatnya seperti berikut ini:

  • Pertama campurkan terigu yang telah diayak, maizena, dan susu bubuk.
  • Kocok butter hingga lunak dan masukkan keju edam dan parmesan parut, aduk hingga merata. Campurkan terigu dan aduk rata.
  • Gilas tipis adonan tersebut dan bisa dicetak sesuai selera.
  • Tata adonan dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin, olesi kuning telur, dan taburi keju cheddar parut.
  • Panggang di teflon hingga matang.

Masak kastengel sendiri emang memuaskan. Apalagi bahannya gampang ditemukan dan harganya terjangkau. Tapi jujur yaaa,, kalo ada yang udah bikin dan aku tinggal makan akan lebih menyenangkan lagi. Xixixixi.

Kalo kamu, pilih masak sendiri apa beli?

Dinilint

6 comments:

  1. pilihan coklat di toko wahab cukup banyak juga ya
    selama ini kalau soal kue kue, aku lebih sering beli. Kalau liat temen yang bikin usaha sendiri, liatnya seneng gitu. tapi aku ga bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku suka lihat video orang bikin kue. Dari sering lihat, penasaran, trus pengen ikutan nyobain deh.

      Delete
  2. Beliiiiiiii hahahahahah. Ya Allah mba dini, bberapa Minggu lalu aku bikin dong. Stress, itu adonan kok kayaknya ga bisa pas hahahaha. Trus pas dibentuk, meleot2 pula, ga bisa simetris padahal udh pale cetakan. Pas dipanggang, Krn aku baru pertama kali pake itu oven utk bikin kue, aku ragu hrs seberapa panas dan berapa lama. Krn diresep pun ditulis panas dan lamanya sesuai oven masing2 hahahaha. Bingung ga Lo.. :p

    Akhirnya ada yg gosong, ada yg kurang Mateng, ada yg pas. Udh cukuuuuup. Aku kapok bikin sendiri. Sayang bener wysman yg aku pake -_-

    Salut Ama para pembuat kuker itu. Bisa bagus dan simetris dan konsisten hasilnya . Pantes mahal wkwkwjwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha,,,
      Aku alirannya kaya Mbak Fanny nih. Pilih beli kue daripada bikin sendiri.
      Eh tapi ya, kalo lihat video masak atau blog masak yang kece-kece itu aku suka merasa tertantang untuk bikin sendiri lho. Dilihatnya gampang gitu.
      Tapi ya baru sebatas pengen, belum sampe nyoba. Wkwkwkwk.

      Delete
  3. Selama ppkm ini aku rajin masak jadinya mba, coba2 resep. Apalagi pas Kaka ipar beliin aku oven. Makin semangat. Tapiiiiii akhirnya belajar dr pengalaman, aku ga cocok dan ga suka bikin kuker :p. Tapi seneng bikin kue2 kayak schotel macaroni, spaghetti, pizza roti tawar, soes panggang, pokoknya yg ga hrs terlalu ngikutin resep. Bisa pake feeling. Gagalpun bisa diperbaiki. Kalo kuker kan ga bisa hahahhaa. Makanya skr aku bikin yg aku yakin pasti bisa ajalah :D. Bukan nya napa2, sayaaaang Ama bahan2 yg dibeli :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana bahan yang bikin enak itu ada harganya ya mbak. Sayang kalo kebuang emang.
      Masak emang enaknya dibikin happy. Kalo ada yang dipingin tapi nggak bisa bikin, pesen aja. Ahahaha.

      Delete

Thank you for reading and leaving comment :)