Navigation Menu

Photo Story dari Kabupaten Semarang

Semarang punya kota dan kabupaten. Kalo rindu dengan alam, pemandangan langit biru, dan udara yang segar sudah jelas pilihannya adalah travelling ke kabupaten. Kabupaten Semarang tentunya.

photo story travelling kabupaten semarang


Ada banyak pilihan spot travelling di Kabupaten Semarang, beberapa di antaranya adalah ;

  • Bukit Cinta Rawa Pening
  • Sumber mata air Muncul
  • Goa Rong
  • Tlogo Resort
  • Sumowono Bamboo Garden
  • Umbul Songo Kopeng
  • Merbabu View
Berikut penampakan spot-spot wisata di Kabupaten Semarang:

Bukit Cinta Rawa Pening

pemandangan gunung bukit cinta rawa pening kabupaten semarang


Salah satu titik terbaik untuk menikmati Rawa Pening adalah di Bukit Cinta Rawa Pening. Pemerintah setempat sudah membuat fasilitas yang nyaman untuk kita menikmati pemandangan gunung dan rawa tanpa harus kepanasan.

Kita juga bisa naik kapal untuk menikmati sensasi melintasi Rawa Pening yang super luas. Harga sewa kapal Rp 100,000 per 30 menit dan bisa dinaiki maksimal 4 orang.


Muncul River Tubing

river tubing kali muncul kabupaten semarang

Di dekat Rawa Pening, ada sumber mata air yang disebut warga Muncul. Muncul sendiri dalam bahasa Jawa artinya timbul, air yang timbul dengan sendirinya.

Mata air ini digunakan warga untuk 
  • sumber mata air minum, termasuk untuk air minum kemasan merk Java, 
  • mandi, bahkan ada pemandian / kolam renang yang airnya tak pernah habis karena selalu muncul dari mata air
  • wisata air, salah satunya river tubing.
river tubing kali muncul kabupaten semarang

Pemandangan sepanjang rute 2 km river tubing di Muncul sungguh memanjakan mata; sawah menghijau, tanaman subur, langit biru cerah. Harga paketnya dimulai dari Rp. 60,000 per orang. Sila hubungi 081578853339 atau 082133971962 (Pak Tandho) kalau berminat main air di Kali Muncul.

Goa Rong

Goa Rong pemandangan bukit kabupaten semarang

Meski namanya Goa Rong, buat aku tempat ini adalah bukit. Pemandangannya luar biasa. Di kejauhan kita bisa melihat Rawa Pening, Gunung Merbabu, dan jalan tol rute Semarang-Solo.

Kemungkinan bila kamu melintas di jalan tol Semarang-Solo, kamu juga akan melihat penampakan bukit Goa Rong di kejauhan.


goa rong cafe kabupaten semarang

Konon goa-goa di Goa Rong terletak di bawah bukit. Menurut cerita rakyat jumlah goanya ada 7, namun menurut bapak pengelola, beliau baru menemukan 3 goa.

Kamu bisa bersantai sambil minum kopi dan makan snack di sini. Gorengan ketelanya enak banget, pastikan kamu pesan ini saat menikmati udara segar di Goa Rong.

Tlogo Resort

tlogo resort goa rong kabupaten semarang

Di dekat Goa Rong ada resort seluas 4 hektar. Ada banyak pilihan kamar, mulai dari kamar biasa hingga kamar tipe gubernur yang lebih mirip rumah pavilliun daripada kamar.

Tlogo Resort ini sudah ada sejak jaman Belanda. Dulu, resort ini juga digunakan sebagai tempat piknik bagi warga Belanda.

Sumowono Bamboo Garden

sumowono bamboo village kabupaten semarang

Sumowono Bamboo Village terletak di antara rute Bandungan - Temanggung. Kalau dari arah Semarang lokasinya di kanan jalan.

Lahan seluas 1 hektar ini disulap menjadi ruang edukasi yang bisa menambah wawasan kita soal alam, terutama bambu dan aneka kerajinan berbahan alam seperti lukisan kopi, pahatan akar bambu, dan kain eco printing.

pemandangan gunung sumowono bamboo village kabupaten semarang

Kita bisa menikmati jajanan nikmat sambil memandang pemandangan desa di kejauhan. Sebaiknya datang lebih pagi supaya kamu bisa melihat gunung dengan lebih jelas. 

Favoritku adalah pemandangan sawah terasering di kejauhan. Kamu bisa lihat di foto ini?

Umbul Songo Kopeng

umbul songo kopeng kabupaten semarang

Meski aku berkali-kali main ke Kopeng, tapi aku nggak pernah menengok Umbul Songo sebagai tempat seru untuk dijelajahi. Ternyata Umbul Songo menyimpan pesona yang menarik untuk kamu yang suka petualangan.

Kamu bisa merasakan sensasi makan di hutan. Mereka punya konsep cafe hutan. Kalau sudah kenyang, masuk ke hutan beneran. 

Meski beneran hutan, tapi Umbul Songo sudah membuat fasilitas pijakan kaki yang ramah. Jalurnya pun menurun dan dibuat satu jalur. Hal ini asik karena nggak ada trekking naik, karena untuk kembali ke titik awal akan diantar oleh pihak pengelola Umbul Songo.

Merbabu View Cuntel

merbabu view cuntel kabupaten semarang

Merbabu View ini semacam cafe di pintu masuk menuju pendakian Gunung Merbabu. Sudah pemandangan di kaki gunung jelas bagus, ditambah pula ada ornamen khas cafe kekinian yang aesthetic dan pastinya indah dipandang mata.

Selain lokasinya yang istimewa, makanan di sini juga enak. Menu andalan Merbabu View adalah ramen, yang surprisingly nggak cepet jadi adem seperti kebanyakan makanan hangat di gunung.

Travelling di Kabupaten Semarang 2 hari 1 malam

familirization trip blogger dan media kabupaten semarang

Foto-foto yang ada di post ini adalah hasil travelling menjelajah Kabupaten Semarang selama 2 hari 1 malam. Sebenarnya masih banyak spot travelling lain yang menarik di Kabupaten Semarang

Foto-foto di sini juga belum komplit. Bahkan ada beberapa video yang rencananya akan aku unggah melalui instagram aku.

Foto di atas adalah teman-teman seperjalananku travelling di Kabupaten Semarang bulan Oktober 2021 di Banyumili. Banyumili sendiri adalah salah satu spot menarik yang layak masuk daftar wisata di Kabupaten Semarang.

Terima kasih sudah mengikuti perjalananku travelling di Kabupaten Semarang.

indonesia travel blogger live in semarang

Dinilint

6 comments:

  1. Waaaah 2D1N bisa jelajah semua wisata2 di atas ya mbaa??? Aku mauuuu ini sih. Krn ngeliat tempatnya aja udh kliatan ini sejuuuuk. Aku kan memang lebih suka tempat wisata gunung dan tinggi begini drpd pantai soalnya.

    Heran ih, selama ini lewat Semarang, tapi aku bisa dibilang ga pernah mampir ATO eksplor kotanya ๐Ÿ˜…. Memang hrs spare waktu utk LBH lama di Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mbak. Cocok nih Mbak Fanny kalo main ke Kabupaten Semarang. Tempat wisatanya cenderung di pegunungan dan hawanya sejuk. Tapi kalo di kota panas mbak. Ehehehe.

      Delete
  2. Cakep-cakep banget fotonya mba, selama ini kalau ke Semarang lebih sering wisata kuliner saja, nggak pernah keliling lihat wisata lainnya. Dan itu pun sudah sangat lama ๐Ÿ˜†

    Namun sejak baca blog mas Vay yang tinggal di Semarang, terus ditambah baca cerita mba Dinilint, saya jadi semakin penasaran ingin lihat Semarang lebih dekat ๐Ÿฅณ Semoga one day bisa kembali visit Semarang, sekalian obati rindu dengan Lumpia aslinya ๐Ÿ˜‚

    Thanks for sharing, mba ๐Ÿ˜๐Ÿงก

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Mbak Eno,, semoga bisa main ke Semarang lagi dan makan aneka jenis lumpia Semarang, dari mulai Lumpia Mataram, Lumpia Mbak Lien, Lumpia Gang Lombok, Lumpia Cik Meme.

      Kalo di kota emang asik kulineran, kalo geser dikit ke kabupaten bisa main ke alam begini. Udara adem, nggak kaya di kota yang cenderung panas. :D

      Thanks for reading Mbak Eno.

      Delete
  3. seruuuu
    biasanya view alam di wilayah kabupaten lebih tenang gitu
    penasaran pengen cobain river tubing di Semarang, dan harganya termasuk murah segitu, 60ribu.

    planningnya aku kalau ke semarang, pengen ke daerah ungaran. Memang mainstream tujuannya, tapi penasaran gara gara rame banget dulu di timeline

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya view di kabupaten lebih ke arah alam, kalo di kota lebih ke view bangunan yak Ainun.
      River tubingnya di Muncul ini asik,, pemandangannya bagus banget. Cobain Ainun.
      Nah kalo ke Ungaran mau ke kotanya apa ke alamnya nih,, geser dikit bisa sampe Bandungan dan Ambarawa yang pemandangan alamnya lebih fantastik dibanding Ungaran, kalo menurutku.

      Delete

Thank you for reading and leaving comment :)