Navigation Menu

Kuliner Enak di Jalan Mataram Semarang

Banyak yang mengenal Semarang karena ada banyak pilihan kuliner yang enak-enak.Salah satu tempat yang bisa didatangi untuk nyicip kuliner Semarang enak ada di Jalan Mataram Semarang. Banyak pilihan jajanan enak, banyak yang legend karena sudah eksis selama puluhan tahun, ada juga yang baru tapi sudah bikin penasaran untuk nyobain.

Here it goes, kuliner enak di Jalan Mataram Semarang 


kuliner semarang


Gudeg Koyor Mbak Tum

Warung gudegnya Mbak Tum ini selalu rame pengunjung. Warung gudeg Mbak Tum ini jadi salah satu kuliner yang nggak terpengaruh pandemi sama sekali, selalu rame. 

Sesuai nama warungnya, hidangan yang dijual di sini adalah gudeg yang disajikan bareng opor dan sambal goreng. Untuk lauknya bisa pake potongan ayam, ayam suwir, telur, koyor, jeroan. Terserah kamu lah mau makan apa.


Bolang Baling Peterongan

Bolang baling ini merupakan kue berbentuk kotak warna coklat dengan cita rasa manis jadul. Makan bolang-baling bikin kenyang. Aku rasa kalori nya banyak. 

Menurutku Bolang Baling Peterongan ini bolang baling yang paling enak di Semarang. Bolang Baling Peterongan sudah ada sejak aku kecil, bahkan sepertinya sudah ada sejak sebelum aku lahir.

Selain bolang baling ada juga untir-untir, versi kue yang keras yang bentuknya diuntir. Rasanya juga sama manis. Tidak disarankan untuk yang bergigi lemah karena untir-untir ini lumayan keras teksturnya.

kuliner semarang


Nasi Ayam Bu Nyoto

Nasi ayam ini isinya nasi liwet yang cenderung lebih gurih terus disiram sayur jipang yang dimasak dengan santan yang juga cenderung gurih, ditambah sambel goreng yang memberi rasa pedas, dan lauknya bisa pilih mau ayam suwir, potongan ayam utuh, atau telur godog. Makannya pake kerupuk putih lebih nikmat. Nasi ayam disajikan dalam pincuk daun pisang.

Di Semarang sendiri ada banyak yang jual nasi ayam dan Nasi Ayam Bu Nyoto ini salah satu yang paling laris baik untuk warga lokal maupun traveller dan pecinta kuliner.


JJ Steak

JJ Steak ini merupakan warung steak yang baru buka di Semarang. Warungnya berbentuk warung kaki lima dengan tenda. Lokasinya ada di halaman salah satu bangunan tua di Jalan Mataram, di sebelah KFC Mataram Semarang.

Meski kaki lima, tapi penyajian steak di JJ Steak pake piring dan alat makan standar restoran. Rasa steak-nya pun enak dan nggak kalah dengan steak yang disajikan di hotel. Masak dagingnya bisa request mau setengah mateng atau mateng banget atau apa lah yang standar matengnya daging steak. 

Sejujurnya aku emang bukan pemakan steak dari daging hewan berkaki empat. Aku nyobain sausnya yang rasanya enak banget, kentang gorengnya, dan sayurannya yang seger dengan dressing lemon dan olive oil. 

Thank God untuk yang nggak makan daging kaki empat kaya aku mereka jual menu chicken gordon blue yang juga enak.

Kayaknya orang-orang lokal banyak yang tahu kalo JJ Steak enak, jadi tiap aku ke sana selalu aja rame dan kalo kurang beruntung kamu mesti sabar menunggu untuk dapat tempat.


kuliner semarang


Es Krim Florian

Toko Es Krim Florian sudah ada sejak aku kecil. Selain jual es krim, dulu di Toko Es Krim Florian ada mainan-mainan anak-anak yang bisa dinaikin dengan masukin coin. Dulu pas aku kecil, kalo ibuku lagi baik hati aku diajak mainan ke sana sambil jajan es krim.

Sekarang Es Krim Florian sudah direnovasi. Interiornya modern dengan dominasi warna mint yang segar. Es krimnya juga segar dan setelah bertahun-tahun nggak makan Es Krim Florian aku merasa rasanya enak banget. Ingatan masa kecilku tentang rasa Es Krim Florian juga enak sih. 

Sayangnya harga Es Krim Florian lumayan mahal untuk kantong warga Semarang. Satu scoop es krim  jadul harganya Rp. 35,000 belum pajak.


kuliner semarang


Lunpia Mataram samping Toko Roti Sanitas

Di sepanjang Jalan Mataram Semarang banyak orang jualan lunpia. Kebanyakan yang jual lunpia ini kasih nama Lunpia Mataram. Terus hal ini suka bikin bingung orang luar kota yang pengen jajan lunpia Mataram yang asli. Well, nggak bisa bilang palsu juga, ya kan bener lumpia-nya ada di Jalan Mataram, jadi disebut lunpia Mataram.

Langganan keluargaku sejak kecil adalah warung Lunpia Mataram yang lokasinya di samping Toko Roti Sanitas. Tokonya kecil, di depan ada gerobag untuk bikin lunpia, dan dominasi warnanya hijau.

Biasanya yang beli Lunpia Mataram beli takeaway untuk oleh-oleh dengan jumlah banyak. Sayangnya tantenya Lunpia Mataram yang di samping Toko Roti Sanitas ini nggak punya mesin EDC untuk gesek kartu ATM atau CC, dan nggak punya barcode untuk scan gopay atau shopeepay. Tapi tante punya solusi untuk yang nggak mau bayar cash, transfer ke rekening BCA si tante.

Untuk lunpia, selain Lunpia Mataram bisa juga beli Lunpia Gang Lombok (menurutku ini yang paling enak), Lunpia Mbak Lien di Jalan Pemuda (ini juga enak dan tempat makannya lumayan nyaman), atau Lunpia Cik Meme (ini enak dan variasi lunpianya banyak, terutama ada lunpia plain yang cocok untuk keluargaku yang vegan).


kuliner semarang


Tahu Petis Mataram

Banyak temen yang main ke Semarang dan selalu minta makan tahu petis. Aku sendiri baru sadar kalo tahu petis itu emang makanan khas-nya Semarang setelah beberapa kali dipalak diminta bawain tahu petis kalo main ke luar kota.

Ada beberapa merk tahu petis yang terkenal di Semarang, tapi buatku Tahu Petis Mataram ini petisnya juara. Warungnya kecil. Kalo makan di tempat kita dikasih petis semangkok dan boleh dioles ke tahu atau gorengan lainnya (iya, selain jual tahu jual mendoan dan gorengan lainnya) sepuasnya.

Tahu petisnya cepet banget habis. Warga lokal suka borong untuk dikirim ke anaknya atau kerabatnya. Kalo dibawa pulang petisnya terbatas yak.

Selain tahu petis, kamu wajib cobain wedang rondenya yang enak dan cepet banget habisnya. Warungnya buka jam 16.30, tapi ronde dan tahu petisnya sering habis di jam 18.00. Untuk obat kecewa rondenya habis bisa pesen wedang kacang ijo yang juga enak tapi sayangnya kemanisan atau wedang kacang tanah. Menurutku si kacang ijo kalo dicampur kacang tanah manisnya pas.

Untuk merk tahu petis lain yang juga enak bisa cobain Tahu Petis Bu Aning, kalo yang ini cuma bisa takeaway atau pesen via gofood, Tahu Petis Prasojo yang juga cuma bisa di-takeaway, dan tahu petis gerobag gorengan yang ada di deket Warungnya Mbak Tum.


kuliner semarang


Wedang Es Puter Pak Kirman

Wedang dan Es Puternya Pak Kirman ini enak dan murah meriah. Satu porsi wedang atau es puter cuma Rp. 7000. Variasi wedangnya ada wedang kacang ijo, wedang kacang tanah, wedang ronde, atau wedang campur. Buatku wedangnya Pak Kirman ini manisnya pas. Paling enak diminum di tempat karena masih hangat.

Es puternya juga enak dan seger. Biasanya Es Puter Pak Kirman terdiri dari 3 variasi rasa. Aku seringnya dapet rasa cokelat, kelapa muda, dan rasa buah semacam nangka atau lychee.


Pecel Yu Surip

Kalo makan di Pecel Yu Surip harap sabar yaa, antrinya banyak. Porsinya juga banyak. Temenku yang makannya banyak aja kekenyangan makan di sini. Kalo aku pilih pecel aja tanpa nasi. Kalaupun pengen makan sama nasi yang nasinya minta setengah porsi.

Sayurnya seger. Boleh minta 'ninggal pahit' kalo nggak doyan sayur-sayur yang pahit. Bumbu kacangnya tuh rasanya khas banget, gurih, pedes, enak. Pilihan lauknya juga banyak, tapi yang paling favorit itu bantal, sejenis martabak asin isi daun bawang. Tambahin kerupuk gendar sama peyek kacang biar makin nikmat.


Sekian daftar kuliner enak di sepanjang Jalan Mataram Semarang. Oh ya, daftar kuliner yang aku sebut di sini adalah kuliner yang bukanya sore-malam. 

Semoga membantu untuk teman-teman yang berencana main dan kulineran di Semarang. Kalo ada tambahan boleh lho kasih tahu aku.

Dinilint

2 comments:

  1. duh, tahu petisnya bikin ngiler

    ReplyDelete
  2. Ya ampuuuuuuuun kenapalah postingan ini baru ada sekarang 🤣. Bukan pas aku di Semarang hahahaha.

    Aku kurang jauh nih mba eksplor Semarang. Yg pernah aku coba cuma soto ayam pak No, nasgor babat pak Karmin, tahu Pong yg di dekat HSBC itu, lumpia,soto Bangkong, Ama bebek goreng gitu, tapi lupa namanya.

    Kuliner yg mba tulis jaiuuh menggoda 😍😍, pengen banget rasain gudeg koyor, JJ steak dan pecel. Kue bolang baling Peterongan aku pikir terong 🤣. Ternyata bukan yaaa

    ReplyDelete

Thank you for reading and leaving comment :)